Kompas.com - 17/08/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi dapur Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan tempat dimulainya dan berakhirnya segala aktivitas di rumah. Kita memulai hari dengan sarapan di dapur dan mengakhirinya dengan makan malam bersama keluarga.

Tak heran, dapur merupakan jantung sebuah rumah. Karena itu, dapur harus fungsional dan nyaman. Sayangnya, hal itu tidak selalu sesuai dengan keinginan karena kesalahan tata letak atau layout

Baca juga: 4 Cara Membuat Dapur Sempit Tampak Luas dengan Cat

Kesalahan tata letak ini tidak hanya memperburuk tampilan dapur, tetapi juga membuatnya menjadi tidak fungsional serta nyaman. Akibatnya, kegiatan memasak di dapur terasa sulit dan tidak menyenangkan. 

Untuk itu, penting menata dapur sebaik mungkin. Nah, untuk menghindari tata letak yang salah, berikut ini dilansir dari laman Today's Homeowner, Selasa (17/8/2021).  

Baca juga: Catat, Ini 8 Benda Paling Kotor di Dapur 

Tidak ada segitiga pekerjaan dapur

Segitiga yang dimaksud adalah kulkas, kompor, dan wastafel. Di ruang di antara ketiganya, semua pekerjaan utama terjadi. Itulah mengapa perlu memastikan akses ke arah ini menjadi lebih mudah. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap sisi segitiga setidaknya harus memiliki jarak tiga meter pada dapur kecil. Namun, tidak lebih dari 7,5 sampai delapan meter pada dapur yang lebih besar.

Jika tidak, ruang dapur akan terlalu sempit untuk bekerja atau menghabiskan banyak waktu berlarian di dapur. 

Baca juga: 10 Trik Membersihkan Rumah dengan Bahan-bahan di Dapur, Patut Ditiru 

Tidak cukup ruang untuk memasak

Ketika hendak memasak, Anda tentu melakukkannya di beberapa area. Hal itu membutuhkan lebih banyak energi untuk bolak-balik dari satu area ke area berikutnya sehingga memasak menjadi tidak nyaman.

Pertimbangkan dengan cermat ruang yang tersedia untuk area menyiapkan makanan. Jika Anda tidak dapat mendesain ulang dapur, tambahkan meja island atau meja bar untuk menyediakan ruang yang dibutuhkan untuk mengupas, memotong, mengiris, dan membumbui makanan lezat. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Dapur Kecil Tampak Minimalis dan Menarik  

Tidak cukup pencahayaan atau outlet

Memasak dan menyiapan makanan memerlukan pencahayaan yang memadai sehingga area dapur harus cukup terang. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.