Kompas.com - 05/08/2021, 21:30 WIB
Ilustrasi membeli rumah. FREEPIK/JCOMPIlustrasi membeli rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan rumah atau hunian sepertinya tak pernah surut meski kondisi ekonomi saat ini tak menentu akibat pandemi virus Covid-19.

Ditambah, harga rumah yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu membuatnya sebagai investasi masa depan banyak dipilih. 

Baca juga: 10 Warna Bunga Mawar yang Cantik, Dapat Ditanam di Rumah

Lantaran menjadi investasi, rumah sewaktu-waktu bisa dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi saat membelinya.

Ada beragam alasan orang menjual rumah, dari kesulitan ekonomi, ingin memiliki suasana yang baru, lokasi rumah yang jauh dari tempat kerja, atau ingin membeli rumah yang lebih besar.

Sayangnya, sama dengan membeli rumah, menjual rumah bukan perkara mudah dan sering kali memakan waktu lama. Hal ini tak lain disebabkan kesalahan yang dilakukan pemilik rumah. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut di Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, penting mengetahui berbagai kesalahan guna menghindarinya agar rumah cepat laku terjual.

Nah, berikut ini lima kesalahan yang harus dihindari sebelum menjual rumah seperti dikutip dari laman American Home Shield, Kamis (5/8/2021). 

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kedap Suara yang Hemat Biaya

Menunda-nunda tugas pemeliharaan

Rumah yang kurang terawat kerap membuat orang enggan membelinya sehingga menyebabkan rumah lama terjual. Karena itu, sekarang bukan waktunya untuk menunda perawatan dan pemeliharaan yang dibutuhkan rumah.

Bila ingin rumah cepat terjual, lakukan proyek pemeliharaan seperti pengecatan, perbaikan atap, lansekap, pembersihan selokan, pencucian jendela, dan pemeliharaan lainnya. 

Baca juga: 6 Tanaman Warna-warni untuk Mencerahkan Ruang Kerja di Rumah

Mengecat dengan warna-warna berani

Jika interior atau eksterior rumah membutuhkan pengecatan sebelum menjualnya, disarankan memilih warna netral dan konservatif yang akan menarik bagi spektrum pembeli potensial secara luas.
Warna-warna trendi, cerah, atau gelap bisa menjadi kontroversial dan dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil.

Halaman:


Sumber Ahs
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.