Kompas.com - 29/07/2021, 08:45 WIB
Ilustrasi kamar mandi kecil. SHUTTERSTOCK/ARTAZUMIlustrasi kamar mandi kecil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang. Akan tetapi, dalam hal renovasi kamar mandi, Anda harus cermat.

Sebab, Anda menghabiskan begitu banyak waktu di sana, jadi mendekorasi dengan beberapa aksesori kamar mandi selalu merupakan pilihan yang bagus setelah pekerjaan selesai.

Jika Anda sedang berencana untuk merenovasi kamar mandi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi

1. Tentukan anggaran

Cari dan tentukan besaran anggaran untuk renovasi kamar mandi yang realistis. Buatlah beberapa perbandingan, sehingga Anda bisa menghemat biaya renovasi.

Begitu banyak variabel dapat berdampak pada biaya renovasi kamar mandi, jadi penting untuk mendapatkan referensi dan perbandingan ini sebelum Anda memutuskan apa pun.

Ingat, butuh cukup banyak aspek untuk merenovasi kamar mandi daripada ruangan lain di rumah, sehingga bisa menjadi mahal, terutama jika dilakukan dengan benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal mencari referensi, cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dari mulut ke mulut. Jika Anda bingung, Anda bisa bertanya pada pihak toko perkakas atau tukang untuk memperoleh gambaran.

Baca juga: Alasan Kecoak Lebih Rentan Muncul di Kamar Mandi dan Cara Mencegahnya

2. Kesabaran adalah kunci

Beri diri Anda waktu dan pastikan untuk tidak terburu-buru. Produk yang bagus mungkin membutuhkan waktu untuk mendapatkan sumbernya, terutama jika Anda menginginkan hasil akhir yang spesifik.

Dengan demikian, kesabaran menjadi hal penting. Mungkin ada baiknya untuk melihat beberapa desain kamar mandi untuk mendapatkan inspirasi dan memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang ingin Anda capai sebelum mulai merenovasi.

3. Investasi pada hal yang penting

Untuk mendapatkan semua detail dengan benar, ada baiknya berinvestasi pada arsitek untuk menggambar beberapa rencana untuk Anda. Arsitek akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang apa yang cocok dan apa yang akan bekerja di kamar mandi.

Arsitek juga bisa memberikan panduan kepada tukang ledeng, teknisi listrik, dan tukang untuk bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.