Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Renovasi Kamar Mandi? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang. Akan tetapi, dalam hal renovasi kamar mandi, Anda harus cermat.

Sebab, Anda menghabiskan begitu banyak waktu di sana, jadi mendekorasi dengan beberapa aksesori kamar mandi selalu merupakan pilihan yang bagus setelah pekerjaan selesai.

Jika Anda sedang berencana untuk merenovasi kamar mandi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (29/7/2021).

1. Tentukan anggaran

Cari dan tentukan besaran anggaran untuk renovasi kamar mandi yang realistis. Buatlah beberapa perbandingan, sehingga Anda bisa menghemat biaya renovasi.

Begitu banyak variabel dapat berdampak pada biaya renovasi kamar mandi, jadi penting untuk mendapatkan referensi dan perbandingan ini sebelum Anda memutuskan apa pun.

Ingat, butuh cukup banyak aspek untuk merenovasi kamar mandi daripada ruangan lain di rumah, sehingga bisa menjadi mahal, terutama jika dilakukan dengan benar.

Dalam hal mencari referensi, cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dari mulut ke mulut. Jika Anda bingung, Anda bisa bertanya pada pihak toko perkakas atau tukang untuk memperoleh gambaran.

2. Kesabaran adalah kunci

Beri diri Anda waktu dan pastikan untuk tidak terburu-buru. Produk yang bagus mungkin membutuhkan waktu untuk mendapatkan sumbernya, terutama jika Anda menginginkan hasil akhir yang spesifik.

Dengan demikian, kesabaran menjadi hal penting. Mungkin ada baiknya untuk melihat beberapa desain kamar mandi untuk mendapatkan inspirasi dan memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang ingin Anda capai sebelum mulai merenovasi.

3. Investasi pada hal yang penting

Untuk mendapatkan semua detail dengan benar, ada baiknya berinvestasi pada arsitek untuk menggambar beberapa rencana untuk Anda. Arsitek akan memberi Anda pemahaman yang kuat tentang apa yang cocok dan apa yang akan bekerja di kamar mandi.

Arsitek juga bisa memberikan panduan kepada tukang ledeng, teknisi listrik, dan tukang untuk bekerja.

4. Tentukan alasan Anda

Itu selalu membantu untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang mengapa Anda merenovasi kamar mandi. Apakah Anda ingin menjual atau menyewakan rumah atau ingin membuat kamar mandi impian yang ingin Anda nikmati selama bertahun-tahun?

Jika alasan Anda adalah yang terakhir, maka nikmatilaj. Ada begitu banyak inspirasi dekorasi kamar mandi yang tersedia, misalnya minimalis, maksimalisme, Art Deco, atau Hamptons.

Jika Anda akan menjual rumah, ada baiknya untuk menjaga desain Anda tetap aman dan praktis. Pikirkan tentang target pasar Anda dan tetap berpegang pada satu desain.

5. Lakukan dengan terorganisir

Terakhir, siapkan produk sebanyak mungkin sebelum memulai renovasi kamar mandi. Menyiapkan ubin, toilet, keran, dam wastafel tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk merenovasi.

Ini membantu juga untuk mendapatkan pemahaman tentang apa yang perlu dipasang, dan tidak ada alasan jika ada kesalahan di kamar mandi jika semua barang tersedia untuk mereka selama renovasi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/29/084500976/mau-renovasi-kamar-mandi-perhatikan-5-hal-ini-dulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke