Kompas.com - 25/07/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer merupakan barang elektronik yang berfungsi mengawetkan bahan makanan dan minuman lebih lama dengan cara dibekukan.

Selain hadir dalam sebuah perangkat utuh, freezer juga ada di setiap jenis dan merek kulkas yang tersedia saat ini. Meski dapat mengawetkan bahan makanan dan minuman, nyatanya tidak semua makanan bisa disimpan dalam freezer.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (25/7/2021), setidaknya ada 10 makanan yang tidak boleh disimpan dalam freezer. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mencairkan Bunga Es dalam Freezer

Telur yang masih ada cangkaknya 

Memasukkan telur yang masih dalam cangkang ke dalam freezer dapat membuat kandungan dalam telur mengembang saat dibekukan, yang menyebabkan kulit terluarnya retak dan rentan terhadap bakteri.

Jika ingin membekukan telur, keluarkan telur dari cangkangnya, lalu kocok hingga tercampur rata, dan simpan dalam wadah kedap udara. 

Baca juga: Cara Defrost Freezer, agar Bunga Es Tidak Menumpuk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kentang

Kentang memiliki kandungan air yang tinggi, jadi setelah disimpan di freezer, kamu bisa mendapatkan kentang yang lembek dan lunak.

Hal ini tentu membuat kesulitan saat akan mengolah kentang untuk menjadi masakan. Meski begitu, kentang tidak akan ikut lembek saat digoreng. 

Baca juga: Defrost Freezer, Kenapa dan Kapan Harus Dilakukan?

Buah-buahan

Buah apa pun yang memiliki konsentrasi air  yang tinggi seperti mentimun, melon, semangka, dan sebagainya tidak akan bertahan di dalam freezer. 

Sebab, kandungan air dalam buah akan dengan cepat membentuk kristal es. Sekali pun telah dicairkan, buah menjadi lembek, bahkan tidak bisa dimakan. 

Baca juga: 5 Wadah Terbaik untuk Diletakkan di Freezer

Sayuran 

Sama dengan buah, sayuran hijau juga tidak boleh bisa disimpan dalam freezer. Beberapa sayuran hijau seperti bayam dan selada akan layu dan menjadi lunak saat dikeluarkan dari freezer serta tidak lezat lagi untuk diolah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.