Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2021, 19:53 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perilaku kucing yang lucu dan menggemaskan membuat hewan ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang disukai banyak orang.

Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin memelihara kucing, kamu bisa mengadopsi kucing dari shelter atau mengadopsi kucing yang kamu temui di jalan.

Tapi, ada sejumlah persiapan dan hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara kucing bagi pemula. Melansir dari kanal Youtube drh Lavinta Viena, Kamis (8/7/2021), berikut adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk memelihara kucing pertamamu.

Baca juga: Bisakah Memelihara Kucing dan Anjing Bersamaan?

1. Komitmen dan vaksinasi

Sebelum memelihara kucing, pastikan kamu sudah siap dan berkomitmen untuk merawat kucing.

Kamu juga wajib membawa kucing mu ke dokter hewan untuk diberikan obat cacing dan vaksinasi. Vaksinasi pada kucing sangat penting agar sistem imunnya terjaga dan sehat.

2. Kandang

Agar kucing nyaman dan memiliki tempat tinggal sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan kandang yang dapat kamu beli di petshop.

Kamu bisa memilih kandang yang sesuai dengan bentuk tubuh kucing, pastikan kucingmu nyaman dan bebas bergerak.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Melihat Warna? Ini Penjelasannya

Namun, jika kamu memilih untuk memelihara kucing tanpa kandang di rumah, pastikan tidak ada barang-barang di rumah yang mengandung racun bagi kucing. Seperti beberapa tanaman dalam rumah yang bila termakan oleh kucing dapat berakibat fatal.

3. Makanan dan minuman kucing

Kamu bisa memperoleh makanan kucing di petshop. Biasanya terdapat makanan basah dan kering kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kucing.

Jika kamu mengadopsi kucing, kamu bisa menanyakan ke pemilik sebelumnya jenis makanan apa yang biasa dikonsumsi kucing tersebut. Hal ini agar kucing tidak mengalami diare saat berganti makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com