Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memelihara Kucing

JAKARTA, KOMPAS.com- Perilaku kucing yang lucu dan menggemaskan membuat hewan ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang disukai banyak orang.

Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin memelihara kucing, kamu bisa mengadopsi kucing dari shelter atau mengadopsi kucing yang kamu temui di jalan.

Tapi, ada sejumlah persiapan dan hal yang harus diperhatikan sebelum memelihara kucing bagi pemula. Melansir dari kanal Youtube drh Lavinta Viena, Kamis (8/7/2021), berikut adalah hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk memelihara kucing pertamamu.

1. Komitmen dan vaksinasi

Sebelum memelihara kucing, pastikan kamu sudah siap dan berkomitmen untuk merawat kucing.

Kamu juga wajib membawa kucing mu ke dokter hewan untuk diberikan obat cacing dan vaksinasi. Vaksinasi pada kucing sangat penting agar sistem imunnya terjaga dan sehat.

2. Kandang

Agar kucing nyaman dan memiliki tempat tinggal sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan kandang yang dapat kamu beli di petshop.

Kamu bisa memilih kandang yang sesuai dengan bentuk tubuh kucing, pastikan kucingmu nyaman dan bebas bergerak.

Namun, jika kamu memilih untuk memelihara kucing tanpa kandang di rumah, pastikan tidak ada barang-barang di rumah yang mengandung racun bagi kucing. Seperti beberapa tanaman dalam rumah yang bila termakan oleh kucing dapat berakibat fatal.

3. Makanan dan minuman kucing

Kamu bisa memperoleh makanan kucing di petshop. Biasanya terdapat makanan basah dan kering kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kucing.

Jika kamu mengadopsi kucing, kamu bisa menanyakan ke pemilik sebelumnya jenis makanan apa yang biasa dikonsumsi kucing tersebut. Hal ini agar kucing tidak mengalami diare saat berganti makanan.


Untuk minuman kucing peliharaan, hindari menggunakan air mentah. Kamu bisa menggunakan air matang agar terhindar dari bakteri penyebab diare.

Hal lain yang harus kamu siapkan saat memelihara kucing adalah kotak pasir, pasir dan sekop sebagai tempat kucing buang air.

Ada berbagai macam jenis bak pasir yang bisa kamu temui di petshop, dari berbahan plastik hingga stainless steel.

Kamu bisa menggunakan bak pasir yang memiliki tutup agar pasir tidak berceceran. Pastikan untuk memilih bak pasir yang sesuai dengan ukuran kandangmu.

5. Wadah makanan dan minuman

Hindari penggunaan tempat makan dan minum dari plastik.

Wadah plastik yang terkena cakaran kucing dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri, kamu tentu tidak ingin kucing kamu sakit karena pemilihan wadah makanan yang kurang tepat. Kamu bisa menggunakan wadah dari aluminium, keramik atau kaca.

6. Sisir kucing

Sisir khusus kucing berfungsi untuk menyisir bulu kucing. Terutama untuk kucing dengan bulu lebat, kamu harus menyisirnya setiap hari agar bulu tidak kusut dan mengurangi rambut rontok.

7. Vitamin kucing

Kamu bisa menggunakan vitamin kucing berbentuk gel yang sangat disukai kucing. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk memilih vitamin yang tepat untuk kucing.


8. Mainan kucing dan cat scratcher

Agar kucing mu sehat dan aktif, berikan mainan kucing agar ia tetap aktif bergerak. Kamu bisa memilih bola dengan kerincing, bulu ataupun laser.

Kamu juga bisa memberi scratcher tempat kucing mencakar dan mengasah kukunya, agar furnitur aman dari cakaran kucing.

9. Pet cargo

Fungsinya untuk membawa kucing kalian keluar rumah, seperti ke dokter hewan atau saat grooming.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/08/195300476/8-hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-memelihara-kucing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke