Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Tidur? Coba Ganti Seprai dengan Warna Ini

Kompas.com - 07/07/2021, 17:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya sekadar sebuah pantulan cahaya,warna juga dapat mengubah suasana hati seseorang.

Selain dinding, warna dapat diterapkan di berbagai elemen dekorasi di dalam rumah, salah satunya seprai. Sama dengan dinding, warna seprai dapat mengubah suasana hati seseorang. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Mencuci Seprai, Sarung Bantal, dan Tirai

Melansir dari Living Spaces, Rabu (7/7/2021), efek warna seprai sangat besar pada psikologi seseorang. Ketika memilih warna seprai yang salah, dapat memicu perasaan bawah sadar yang terkait dengan ingatan tidak menyenangkan.

Selain itu, ada hal yang harus dihindari saat pemilihan warna seprai, yakni memilih warna yang terlalu banyak.

Sebab, hal ini dapat membebani mata dan menggairahkan pikiran sehingga menyebabkan merasa lelah saat beristirahat. Warna lain yang harus dihindari untuk seprai adalah kombinasi warna merah terang, hitam, dan hijau berwarna cokelat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Bekas Ompol pada Seprai

Nah, berikut beberapa warna seprai yang dapat membuat tidur lebih nyenyak

Putih 

Seperti diketahui, putih yang diaplikasikan di beberapa permukaan rumah seperti dinding akan menampilkan kesan lapang dan terang. Hal ini akan memberikan efek sama jika diaplikasikan ke seprai.

Tempat tidur yang memiliki seprai putih akan menampilkan kesan terang, bersih, dan tertata rapi. Dengan menggunakan warna putih, kamar tidur lebih terlihat simpel, tetapi membuat ruangan lebih menonjol. 

Baca juga: Perlukah Mencuci Seprai Baru Sebelum Digunakan? 

Abu-abu 

Seprai abu-abu dapat menyatu dengan gaya apa pun dan memberikan kesan lebih trendi. Abu-abu juga paling baik dalam menyembunyikan noda sehingga dapat memperpanjang waktu di antara pencucian.

Namun, dalam hal merawat noda, Anda harus berhati-hati karena memakai penghilang noda pemutih akan meninggalkan bekas putih pada seprai abu-abu. 

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Seprai Tidak Diganti Seminggu Sekali

Krem 

Seprai krem dapat menghadirkan nuansa lebih kasual daripada putih dan abu-abu karena warna ini menampilkan kesan santai serta tak lekang oleh waktu.

Seprai krem adalah pilihan sempurna untuk kamar tidur anak-anak. Namun, yang harus diperhatikan adalah noda pada seprai krem tidak akan benar-benar tersembunyi dan tidak semudah membersihkannya seperti seprai putih. 

Baca juga: 4 Kesalahan Mencuci Seprai dengan Mesin Cuci

Namun, ada beberapa trik yang dapat Anda coba untuk menghilangkannya. Pertama, oleskan detergen cair pada noda sebelum mencuci seprai, gosok seprai dan diamkan selama beberapa menit, dan cuci sesuai label pada seprai.

Metode lain adalah merendam seprai yang terkena noda dalam air dingin. Segera cuci seprai yang terkena noda. Jangan membiarkan noda berlama-lama karena dapat menyebabkan noda menjadi permanen.

Setelah itu, melakukan pra-perawatan dengan penghilang noda. Apa pun noda atau metode perawatannya, hal utama yang perlu diketahui tentang seprai krem adalah Anda tidak dapat menggunakan pemutih. 

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Seprai Dicuci?

Biru tua 

Selain dapat menyembunyikan noda, seprai berwarna biru tua juga membawa gaya. Warna biru merupakan pilihan bagus untuk kamar tidur karena itu simbol air, langit, bunga, dan semua sifat alam lainnya. 

Biru muda 

Warna seprai yang dapat membuat tidur lebih nyenyak selanjutnya adalah biru muda. Seprai biru muda membawa semua sifat seprai biru tua, tetapi dengan nuansa lebih lembut dan lebih tenang. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Seprai

Namun, kekurangannya, warna biru muda tidak dapat menyembunyikan noda seperti biru tua, tetapi Anda bisa mendapatkan nuansa yang lebih ringan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com