Kompas.com - 18/06/2021, 22:22 WIB
Ilustrasi bau, bau tidak sedap. FREEPIK/COOKIE_STUDIOIlustrasi bau, bau tidak sedap.

JAKARTA, KOMPAS.com--Aroma tidak sedap di rumah tidak bisa dihindarkan. Rumah bisa saja berbau tak sedap kerena banyak faktor seperti bau hewan peliharaan hingga tumpukan sampah.

Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk mengurangi aroma tidak sedap tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab bau pada rumah dan cara meminimalisirnya.

1. Bau hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, mereka menjadi salah satu yang berkonstribusi akan aroma yang tidak sedap di rumah.

Bau hewan peliharaan hanya ditemukan di sekitar tempat tidur mereka tapi juga area lain di mana mereka menghabiskan banyak waktu, kotak kotoran kucing, area makan atau di area di mana hewan peliharaan mungkin telah memutuskan untuk buang air di dalam ruangan.

Mulailah dengan mencuci tempat tidur hewan peliharaan dengan deterjen ramah hewan peliharaan dan menambahkan sedikit cuka ke air bilasan.

Baca juga: 5 Tips Aman Mengemas TV saat Pindah Rumah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sementara cuka akan memiliki bau yang kuat saat tempat tidur basah, saat mengering bau cuka akan hilang bersama dengan bau lain yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

Juga mencuci area makan, mensterilkan piring dan tempat dengan air panas atau uap, dan mencuci dan mengganti kotak kotoran.

Tambahkan sedikit soda kue ke bagian bawah baki pasir sebelum mengisinya kembali untuk membantu mengurangi bau baru.

Gunakan penghilang aroma hewan peliharaan seperti Nature's Miracle di area mana pun yang telah dihilangkan oleh hewan peliharaan untuk menghilangkan aroma dan membantu mencegah mereka mengulangi perilaku tersebut.

2. Sepatu

Ilustrasi sepatu baushutterstock Ilustrasi sepatu bau

Sepatu juga bisa menjadi salah satu sumber bau di dalam rumah. Terutama jika alas kaki menjadi lembap, hal ini dapat membiakkan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap.

Hilangkan baunya semalaman dengan menyelipkan kantong teh hitam kering ke dalam setiap sepatu. Kantong teh akan menghilangkan bau. Di pagi hari, cukup tarik kantong teh dan buang.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing di Halaman Rumah

3. Karpet

Karpet tua bisa menjadi gudang untuk banyak bau. Susu yang tumpah, kotoran yang ditumbuk, atau makanan dapat membuat karpet berbau kurang sedap.

Hilangkan baunya dengan mencampurkan secangkir soda kue dengan beberapa tetes minyak esensial favorit.

Taburkan ini secara bebas ke seluruh karpet, diamkan selama sekitar satu jam, lalu vakum. Soda kue akan menetralkan bau apa pun, sedangkan minyak esensial akan menambah aroma yang menyenangkan.

4. Kulkas

Area lain yang mungkin menyimpan beberapa bau adalah lemari es. Tumpahan, noda dan makanan yang sudah membusuk bisa mengeluarkan bau ke udara setiap kali membuka pintu.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X