Kompas.com - 04/06/2021, 17:37 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYOIlustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah popularitasnya yang tengah naik daun, membuat harga jual tanaman aglonema yang sudah dewasa menjadi sangat tinggi.

Oleh sebab itu, tidak sedikit pencinta tanaman hias lebih memilih membeli bonggol (batang paling bawah yang berakar) aglonema, lalu menanamnya kembali daripada membeli langsung aglonema dewasa yang mahal. 

Baca juga: 4 Tips Membeli Aglonema yang Tepat bagi Pemula

Namun, menanam kembali bonggol aglonema perlu penanganan khusus agar bonggol aglonema tidak busuk dan mati.

Dikutip dari kanal YouTube Setiawan Ari Wibowo, Jumat (4/6/2021), berikut ini tips menanam bonggol aglonema supaya tidak busuk. 

Baca juga: Tanpa Modal, Ini Cara Membuat Aglonema Rimbun dan Sehat

Campurkan serbuk batu bata merah ke media tanam

Untuk tahap pertama, gunakan potongan batu bata merah atau serbuk batu bata, lalu campurkan ke media tanam. Media tanam yang bisa digunakan adalah sekam yang dicampur dengan pupuk kandang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masukkan atau campurkan serbuk batu bata merah ke media tanam dengan perbandingan 2:1, yakni dua untuk media tanam dan satu untuk serbuk batu bata. 

Baca juga: Cara Menanam Bonggol Aglonema untuk Pemula agar Tetap Hidup dan Tumbuh

Perlu diingat, jangan hanya menjadikan sekam sebagai media tanam bonggol aglonema karena hal itu bisa membuat bonggol aglonema yang ditanam menjadi busuk.

Tanam di gelas plastik transparan

Karena bonggol aglonema cukup kecil, sebaiknya tanam terlebih dahulu dalam wadah gelas plastik minuman transparan berukuran sedang. 

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Busuk Batang pada Aglonema

Beri lubang-lubang kecil di setiap permukaan gelas plastik, lalu masukkan media tanam dan serbuk batu bata dengan perbandingan 2:1.

Jika kamu tidak tahu bagian atas dan bawah bonggol aglonema, sebaiknya bonggol aglonema ditanam secara miring. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Aglonema Mengalami Busuk Batang

Menanam bonggol aglonema dalam wadah gelas minuman plastik transparan berfungsi melihat pertumbuhan akar bonggol. Apakah tumbuh baik atau malah busuk. Selanjutnya, siramkan cairan fungisida ke media tanam. 

Diamkan selama beberapa minggu

Setelah segala hal yang dijelaskan di atas sudah dilakukan, diamkan bonggol aglonema selama beberapa minggu sampai muncul mata tunas. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Tepat Menyiram Aglonema agar Tumbuh Subur dan Sehat

Bila sudah muncul mata tunas, kamu bisa memindahkannya ke wadah yang lebih besar.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X