Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mudah Menciptakan Dekorasi Kamar Kos yang Estetik

Kompas.com - 20/05/2021, 14:05 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur estetik adalah salah satu gaya dekorasi yang tengah hits dan cukup banyak diinginkan orang.

Kunci menciptakan kamar tidur estetik adalah membuat ruang terasa nyaman, menyenangkan, dan enak dilihat. 

Baca juga: 5 Tips Dekor Kamar Kos Sederhana Tanpa Ranjang

Meski tinggal di kamar kos, kamu tetap bisa menciptakan kamar tidur estetik yang tampilannya memanjakan mata dan tentunya membuat nyaman.

Dikutip dari kanal YouTube Musho Story, Kamis (20/5/2021), berikut ini langkah-langkah  menciptakan dekorasi kamar kos yang estetik. 

Baca juga: Tips Dekorasi Kamar Kos Sederhana Seperti di Drama Korea

Dekorasi lantai

Untuk membuat kamar kos terlihat estetik, kamu perlu melapisi lantainya dengan stiker lantai vinyl. Dengan stiker lantai vinyl, semua menjadi mudah tanpa perlu bantuan teknisi untuk memasangnya. Namun, pastikan memasangnya dengan benar dan rapi. 

Pasang wallpaper dinding

Memasang wallpaper dinding adalah cara kedua yang perlu dilakukan untuk dekorasi kamar estetik. Wallpaper berfungsi menutupi tampilan dinding kamar kos yang umumnya kusam dan tidak rata agar lebih menarik dipandang. 

Baca juga: 4 Cara agar Kamar Tidur Tidak Mudah Berantakan

Pilih wallpaper tanpa motif dengan warna netral cerah demi mendukung kamar tidur estetik. Hati-hati dalam memasang wallpaper dinding.

Sebab, terlalu banyak lem bisa membuat wallpaper robek, tapi lem yang terlalu sedikit membuat wallpaper tidak menempel sempurna. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Sehat

Isi dengan furnitur pendukung

Ruangan di kamar kos perlu kamu bagi menjadi tiga area, yakni area kerja, area tidur, area pakaian. Kemudian, masukkan furnitur pada setiap area tersebut. Berikut ini pilihan furnitur untuk setiap area. 

Furnitur utama di ruang kerja adalah meja kerja dengan kursi, rak kayu, dan tanaman hias. Pilih meja kerja yang bisa dilipat agar tidak memakan tempat. Untuk kursi, gunakan kursi sandaran agar lebih nyaman. 

Baca juga: Alasan Karpet Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Selanjutnya letakkan rak kayu di samping meja kerja untuk menambah area penyimpanan. Masukkan beberapa tanaman hias agar suasana kamar kos menjadi lebih segar.

Pastikan memilih tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di kamar tidur seperti lidah mertua, lidah buaya, philodendron, dan lain-lain. 

Baca juga: Ingin Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Merah? Ini Tipsnya

  • Furnitur area pakaian

Furnitur utama di ruang pakaian adalah stand rak gantungan baju, rak kayu tiga susun, standing mirror, book dresser, hingga beberapa keranjang.

Karena kamar kos cenderung sempit, kamu tidak memerlukan lemari pakaian. Lemari pakaian telah digantikan dengan kehadiran gantungan baju, rak kayu susun, dan book dresser

Baca juga: 5 Koleksi IKEA untuk Mendekorasi Kamar Tidur Estetik

Letakkan gantungan baju, rak kayu susun, dan standing mirror berdekatan. Masukkan rak kayu di sela-sela gantungan baju dan letakkan standing mirror di samping gantungan baju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com