Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Warna Cat yang Sempurna untuk Dinding Rumah

Kompas.com - 16/05/2021, 09:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat yang tepat untuk dinding rumah bisa menjadi tugas yang membingungkan lantaran ada begitu banyak warna cat di pasaran. Ditambah lagi, semua warna tersebut bagus dan menarik. 

Demi memudahkan pemilihan, beberapa pakar warna membagikan cara memilih warna cat yang sempurna. Melansir dari laman Martha Stewart, Minggu (16/5/2021), berikut ini tips memilih warna cat untuk rumah Anda. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Dapat Memberikan Kenyamanan di Ruang Tamu

Pilih Apa yang Anda Suka

Banyaknya warna cat tak jarang membuat sebagian besar orang merasa bingung. Namun, tak perlu bingung, ada cara mudah yang bisa membantu menentukan pilihan.

Caranya, cobalah mengambil gambar dari majalah dan isi papan Pinterest baru sampai penuh. "Ambil apa pun yang menarik bagi Anda, apa pun yang membuat Anda berhenti selama lebih dari beberapa detik dan Anda akan mulai melihat pola muncul," kata Andrea Magno, pakar desain dan warna Benjamin Moore. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik Sepanjang Masa Menurut Para Desainer Interior

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah suasana ruangan yang diinginkan. "Pikirkan bagaimana Anda ingin ruangan itu terasa," kata Erika Woelfel, Wakil Presiden Layanan Warna dan Kreatif di Behr.

Kemudian, mempersempit warna berdasarkan suasana hati dan perasaan yang ditimbulkannya. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Terbaik untuk Ruang Keluarga Menurut Para Ahli

Jangan Hanya Fokus pada Tren

Meski tren bisa menjadi inspirasi dan cara melihat warna yang Anda sukai, Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin Williams menyarakan agar mempertimbangkan juga beberapa benda favorit Anda. 

"Preferensi warna yang Anda pilih harus bisa melebihi waktu," katanya. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Pertimbangkan Furnitur

Dalam memilih warna cat, penting mempertimbangkan furnitur yang ada di rumah atau ruangan. Pilih warna cat yang sesuai atau serasi dengan aneka furnitur agar membuat ruangan tampak elegan dan menghindari warna yang bertabrakan.

"Orang biasanya memulai dengan sofa, lemari, lantai kayu, ubin, atau karpet—bagian yang tidak akan berubah," kata Woelfel. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Bikin Bahagia dan Bersemangat

Senada dengan Woelfel, Magno mengatakan memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur di rumah.

“Warna pada item ini, seperti lantai kayu, meja, dan furnitur, akan sangat membantu dalam menentukan kelompok warna mana yang paling cocok untuk ruangan dan mempersempit pilihan warna." 

Baca juga: Bangkitkan Mood dengan 8 Tren Warna Cat Kamar Tidur 2021

Namun, Ashley Banbury, desainer senior untuk Pratt & Lambert Paints menambahkan, jika sudah mendekorasi ruangan dari awal, pilih furnitur dan tirai terlebih dulu, lalu pilih warna cat yang menyatukan ruangan. "Warna cat yang bagus akan melengkapi ruangan." 

Pastikan Memeriksa Cahaya Ruangan

Cahaya dan warna berjalan beriringan. Magno menuturkan cahaya, baik alami maupun buatan, mempengaruhi warna. Jadi, memahami kondisi ruangan yang hendak dicat merupakan faktor penting dalam memilih warna. 

Baca juga: 6 Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Ruang Tamu Sempit

“Anda mungkin menyukai tampilan warna pada gambar di dinding, tetapi warna yang sama itu mungkin terlihat sangat mencolok.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com