Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Warna Cat yang Sempurna untuk Dinding Rumah

Demi memudahkan pemilihan, beberapa pakar warna membagikan cara memilih warna cat yang sempurna. Melansir dari laman Martha Stewart, Minggu (16/5/2021), berikut ini tips memilih warna cat untuk rumah Anda. 

Pilih Apa yang Anda Suka

Banyaknya warna cat tak jarang membuat sebagian besar orang merasa bingung. Namun, tak perlu bingung, ada cara mudah yang bisa membantu menentukan pilihan.

Caranya, cobalah mengambil gambar dari majalah dan isi papan Pinterest baru sampai penuh. "Ambil apa pun yang menarik bagi Anda, apa pun yang membuat Anda berhenti selama lebih dari beberapa detik dan Anda akan mulai melihat pola muncul," kata Andrea Magno, pakar desain dan warna Benjamin Moore. 

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah suasana ruangan yang diinginkan. "Pikirkan bagaimana Anda ingin ruangan itu terasa," kata Erika Woelfel, Wakil Presiden Layanan Warna dan Kreatif di Behr.

Kemudian, mempersempit warna berdasarkan suasana hati dan perasaan yang ditimbulkannya. 

Jangan Hanya Fokus pada Tren

Meski tren bisa menjadi inspirasi dan cara melihat warna yang Anda sukai, Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin Williams menyarakan agar mempertimbangkan juga beberapa benda favorit Anda. 

"Preferensi warna yang Anda pilih harus bisa melebihi waktu," katanya. 

Pertimbangkan Furnitur

Dalam memilih warna cat, penting mempertimbangkan furnitur yang ada di rumah atau ruangan. Pilih warna cat yang sesuai atau serasi dengan aneka furnitur agar membuat ruangan tampak elegan dan menghindari warna yang bertabrakan.

"Orang biasanya memulai dengan sofa, lemari, lantai kayu, ubin, atau karpet—bagian yang tidak akan berubah," kata Woelfel. 

Senada dengan Woelfel, Magno mengatakan memilih warna cat yang sesuai dengan furnitur di rumah.

“Warna pada item ini, seperti lantai kayu, meja, dan furnitur, akan sangat membantu dalam menentukan kelompok warna mana yang paling cocok untuk ruangan dan mempersempit pilihan warna." 

Namun, Ashley Banbury, desainer senior untuk Pratt & Lambert Paints menambahkan, jika sudah mendekorasi ruangan dari awal, pilih furnitur dan tirai terlebih dulu, lalu pilih warna cat yang menyatukan ruangan. "Warna cat yang bagus akan melengkapi ruangan." 

Pastikan Memeriksa Cahaya Ruangan

Cahaya dan warna berjalan beriringan. Magno menuturkan cahaya, baik alami maupun buatan, mempengaruhi warna. Jadi, memahami kondisi ruangan yang hendak dicat merupakan faktor penting dalam memilih warna. 

“Anda mungkin menyukai tampilan warna pada gambar di dinding, tetapi warna yang sama itu mungkin terlihat sangat mencolok.”

Untuk itu, periksa datangnya arah cahaya di rumah. Dengan demikian, dapat menentukan warna cat yang tepat lewat arah tersebut.

"Pencahayaan utara lebih sejuk, jadi pilihan warna yang lebih hangat mungkin cocok untuk mengimbangi kurangnya sinar matahari," kata Wadden. 

"Eksposur selatan, di sisi lain, mendapatkan cahaya paling banyak sepanjang hari, jadi warna netral mungkin lebih baik dalam kasus itu."

Ingatlah juga bahwa cahaya dari lampu Anda juga dapat membuat warna tampak berbeda. 

Uji Warna

Ketika sudah menentukan pilihan warna, Banbury mengatakan memilih toko cat yang menawarkan sampel cat kecil yang dapat dibawa pulang sebagai percobaan atau tester. Kemudian, cobalah mengecat bagian kecil ruangan untuk melihat hasil warnanya. 

“Pencahayaan dapat mengubah warna, jadi yang terbaik adalah melihat warna di ruangan yang Anda lukis,” ucap Banbury.

Magno pun setuju untuk mengecat sampel terlebih dulu guna memberikan representasi yang bagus pada warna juga membantu bagaimana warna bereaksi terhadap pencahayaan alami dan buatan di rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/16/094000376/tips-memilih-warna-cat-yang-sempurna-untuk-dinding-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke