Kompas.com - 13/05/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi rumah dikeliling pepohonan Unsplash/Phil HearingIlustrasi rumah dikeliling pepohonan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hunian yang dikelilingi berbagai pepohonan asri memberikan banyak manfaat bagi penghuni rumah, di antaranya meminimalkan polusi, memperoleh udara yang berkualitas, dan menyejukkan rumah.

Namun, tempat tinggal yang dikelilingi pepohonan juga bisa mengkhawatirkan. Sebab, ada kemungkinan ranting, cabang, hingga dahan pohon bisa tumbang atau jatuh menimpa atap rumah suatu saat nanti. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menanam Pohon di Sekitar Hunian

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir seandainya peristiwa itu terjadi dan tak perlu gegabah untuk langsung menyingkirkan atau membersihkannya. 

Melansir dari beberapa sumber, Kamis (13/5/2021), berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan saat cabang maupun dahan pohon menimpa atap rumah. 

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Lingkungan, ini Manfaat Menanam Pohon di Rumah

Jauhkan Penghuni dari Lokasi 

Untuk mencegah hal buruk lainnya terjadi, evakuasi atau jauhkan penghuni rumah dari lokasi atau titik cabang yang menimpa atap rumah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, dikhawatirkan bisa saja atap yang tertimpa dahan pohon roboh ke dalam rumah sehingga mengakibatkan bahaya bagi penghuni yang berada di dalamnya. 

Baca juga: Cara Mencangkok Pohon Mangga, Bisa Dilakukan di Halaman Rumah

Menilai Kondisi

Sebelum melakukan hal lain, terlebih dulu memanjat atap untuk menyingkirkan cabang pohon guna menilai atau melihat situasinya terlebih dahulu.

Lagi pula, jika lingkungan rumah memiliki saluran listrik di atas tanah, cabang yang jatuh mungkin telah mematikan saluran listrik. Artinya, aman bagimu untuk tidak mengalami situasi yang berbahaya. 

Baca juga: Tanaman Lama Tumbuh? Bisa Jadi Alami Stunting, Ini Penyebabnya

Tentukan kondisi pohon dari mana cabangnya jatuh sehingga kamu dapat memahami apakah semua pohon yang dekat dengan rumah juga perlu disingkirkan atau tidak.

Bersihkan Cabangnya 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X