Kompas.com - 08/05/2021, 23:36 WIB
Ilustrasi tawon  HectonichusIlustrasi tawon

JAKARTA, KOMPAS.com-- Bagi kebanyakan orang, tawon adalah serangga yang mengerikan. Meski termasuk hewan yang berguna untuk penyerbukan bunga di halaman rumah, kamu tentu harus tetap waspada jika ada tawon di rumahmu ya.

Kehadiran tawon di rumah akan membuat penghuni rumah tidak nyaman, apalagi jika tersengat tawon.

Karena, tidak hanya terasa sakit, sengatan tawon juga bisa menyebabkan alergi. Berikut adalah beberapa cara untuk membasmi tawon dari rumah seperti dilansir dari The Garden Granny, Sabtu (8/5/2021).

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Sarang Tawon di Rumah?

1. Menggunakan campuran minyak esensial

Menurut penelitian dari Journal of Pest Management Science, kombinasi cengkeh, serai, dan geranium terbukti ampuh sebagai sarana mengusir tawon.

Pencampuran minyak esensial dari ketiga jenis bahan alami ini hanya perlu dilarutkan dengan sedikit air.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah larut, masukkan ke dalam botol semprot praktis. Dengan demikian, kamu bisa langsung menyemprotkannya dengan mudah di area sekitar rumah.

Untuk memberikan hasil yang maksimal dari cara mengusir tawon ini, lakukan penyemprotan ekstra pada area yang berpotensi didatangi tawon, seperti di area sarang tawon atau dekat jendela.

2. Usir dengan sabun cuci piring dan air

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan mengevakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga di Gang Roda Rias, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (30/1/2021) siang.Dokumentasi Damkar Tangsel Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan mengevakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga di Gang Roda Rias, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (30/1/2021) siang.

Jika bahan-bahan membuat campuran minyak esensial di atas sulit, coba gunakan metode ini untuk mengusir tawon.

Masih dengan cara yang sama, kamu bisa membuat larutan dengan menggunakan air dan sabun cuci piring. Kedua bahan ini juga sangat direkomendasikan oleh para ahli pembasmi tawon.

Baca juga: Cara Membasmi Tawon di Rumah, Pakai Lemon dan Cengkeh

Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh sabun cuci piring dengan air biasa dalam botol semprot, lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, semprotkan pada sarang tawon agar sabun cair dapat menyumbat rongga udara pada sarang. Cara ini sangat efektif dan akan langsung menunjukkan hasil.

3. Membuat perangkap tawon sendiri

Ilustrasi tawon. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tawon.

Membasmi tawon bisa dilakukan dengan cara membuat sendiri perangkap tawon menggunakan beberapa botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai.

Selain berguna untuk menangkap tawon, perangkap ini juga bisa digunakan sebagai hiasan rumah.

Pertama, siapkan beberapa botol plastik kosong, lalu tekuk bagian bawahnya sehingga masuk ke dalam botol.

Baca juga: Cara Mengatasi Tawon yang Menyasar Masuk ke Rumahmu

Kamu juga bisa membuat lubang kecil di bagian atas botol untuk memancing tawon masuk ke dalam perangkap. Jangan lupa untuk mengisi botol dengan air gula agar tawon tertarik untuk datang dan menyusul.

4. Perbaiki bagian rumah yang rusak

Jika Anda memperbaiki atap rumah hari ini, sepuluh tahun dari sekarang, Anda mungkin lupa kapan tepatnya memperbaiki atap tersebut. www.shutterstock.com Jika Anda memperbaiki atap rumah hari ini, sepuluh tahun dari sekarang, Anda mungkin lupa kapan tepatnya memperbaiki atap tersebut.

Mengusir tawon ini merupakan tindakan pencegahan yang patut untuk dipertimbangkan. Bagian rumah yang rusak, seperti rongga pada bahan kayu bangunan atau retakan kecil pada pintu dan jendela dapat menjadi sarang tawon yang berisiko tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memeriksa kondisi rumah secara keseluruhan secara rutin dan memperhatikan kerusakan ringan yang berpotensi menjadi kerusakan besar.

Baca juga: 4 Tanaman yang Dapat Mengusir Hama dan Serangga

Jika ada bagian yang rusak, jangan menunda-nunda, segera perbaiki agar tidak ada tawon yang bersarang.

Perhatikan juga cara mengusir tawon ini, jika ada sarang lebah di antara rongga dinding atau jendela, jangan langsung ditutup dengan semen atau lem. Hal ini karena biasanya tawon akan mencari jalan keluar dengan cara menggerogoti tiap bagian hingga mendapat udara dan jalan keluar.

5. Tutup sampah 

Ilustrasi tempat sampah, membuang sampah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat sampah, membuang sampah.

Menjaga kebersihan dan perawatan rumah merupakan salah satu cara membasmi tawon yang penting untuk diterapkan.

Menurut penelitian, tawon lebih banyak bersarang di depan rumah dengan tempat sampah terbuka.

Oleh karena itu usahakan untuk selalu menutup semua tempat pembuangan sampah, baik di luar maupun di dalam rumah. Mengusir tawon ini sekaligus membuat rumah terhindar dari bau tak sedap.

Baca juga: Cara Mengurangi Bau Menyengat di Tempat Sampah agar Tak Mengganggu

6. Membuat sarang tawon palsu

Sarang tawon ndas berdiameter 1 meter berhasil dievakuasi oleh relawan RAPI di Kabupaten Ngawi.  Relawan hanya menyumbat sarang tawon dengan kain agar tawon tersebut tidak terbang.KOMPAS.COM/DOK RELAWAN RAPI Sarang tawon ndas berdiameter 1 meter berhasil dievakuasi oleh relawan RAPI di Kabupaten Ngawi. Relawan hanya menyumbat sarang tawon dengan kain agar tawon tersebut tidak terbang.

Prinsip mengusir tawon yang satu ini adalah tawon akan menghindari sarang tawon yang sudah ada sebelumnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X