Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips untuk Menghabiskan Waktu Lebih Sedikit Saat Bersih-bersih

Kompas.com - 08/05/2021, 10:34 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain melelahkan dan membuat banjir keringat, aktivitas bersih-bersih alias membersihkan rumah nyatanya juga bisa banyak menghabiskan waktu berharga seseorang tanpa disadari.

Membersihkan segala sesuatu yang ada di dalam rumah adalah hal positif yang baik untuk kesehatan, membuat nyaman, dan enak untuk dilihat.

Tapi, membuang banyak waktu dari proses kegiatan bersih-bersih juga harus dipikirkan, agar waktu yang terbuang percuma bisa digunakan untuk hal lain yang juga penting.

Baca juga: 6 Mitos Membersihkan Rumah yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (8/5/2021), berikut ini adalah beberapa tips menghemat waktu dalam aktivitas bersih-bersih yang akan membantu mengembalikan waktu luang.

1. Lebih efisien

Kurangnya efisiensi karena kepribadian yang eklektik (terlalu banyak pilih), pikiran yang mudah terganggu, atau kemalasan adalah salah satu alasan utama mengapa membersihkan sesuatu di rumah bisa memakan waktu berjam-jam.

Ketika terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk membersihkan sesuatu, kamu mungkin tidak membersihkannya dengan benar dan terlalu banyak melakukan metode pembersihan yang berbeda.

Tips Praktis: Jangan mencoba melakukan lebih dari satu tugas pembersihan sekaligus. Fokus pada hal utama yang harus dibersihkan.

Baca juga: Ternyata, Membersihkan Rumah Bisa Usir Stres

2. Jangan menunda

Sejauh menyangkut pekerjaan rumah, menunda-nundanya adalah mimpi buruk. Semakin lama membiarkan kekacauan menumpuk, semakin sulit untuk dibersihkan.

Menunda-nunda pembersihan membuat kekacauan menjadi lebih banyak. Jadi, apa yang seharusnya cepat dibersihkan malah bisa jadi lama akibat penumpukan kotoran.

Tips Praktis: Jangan bekerja terlalu cepat, lakukan upaya rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah.

3. Jangan ada ruang berantakan

Kekacauan atau sesuatu yang berantakan dan kotor itu buruk. Semakin banyak kekacauan semakin tidak pernah baik untuk lingkungan tempat tinggal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com