Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan agar Pakaian Bersih dan Awet

Kompas.com - 28/04/2021, 14:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com — Mesin cuci mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantumu mencuci pakaian. Namun, beberapa jenis kain tak bisa dicuci dengan mesin. Sebab, kain seperti sutra, sintetis murni, rayon atau nilon umumnya akan ditempeli label untuk tak dicuci dengan mesin, tetapi dengan tangan.

Selain bahan kain, pakaian yang memiliki payet renda halus, kulit, bulu, atau pinggiran juga direkomendasikan untuk dicuci dengan menggunakan tangan.

Alasan lain mencuci dengan tangan adalah ketika kamu bepergian dan tak menemukan jasa pencuci pakaian, atau juga anak kos yang tak memiliki cukup lahan untuk mesin cuci.

Baca juga: Berapa Takaran Deterjen yang Pas untuk Mencuci Pakaian?

Mencuci dengan tangan seharusnya tidak dilakukan dengan sembarangan. Beberapa langkah mencuci pakaian dengan tangan yang dilansir dari Bobvilla, Rabu (28/4/2021), berikut ini bisa menjadi panduan untuk kamu.

Alat dan bahan

  • Bak cuci atau baskom
  • Pemutih atau penghilang noda
  • Detergen, detergen pencuci piring, atau sabun colek
  • Tali jemuran, atau gantungan baju

Sebelum mencuci pakaian apa pun untuk pertama kali, selalu periksa label perawatan yang dianjurkan yang biasanya melekat pada pakaian.

Baca juga: Dari Jerawat sampai Asma, Ini Bahaya Malas Mencuci Sarung Bantal

Kamu bisa mencuci pakaian dengan aman dengan tangan meskipun menurut mereka sebaiknya baju harus di-dry cleaning, asalkan pakaian tersebut terbuat dari serat alami, seperti sutra, wol, atau linen.

Namun, jika label perawatan hanya mengizinkan pakaian dicuci dengan cara dry clean, atau pakaian terbuat dari beludru, taffeta, rayon, suede, atau kulit, atau diisi bulu halus, sebaiknya serahkan kepada profesional. Ini juga berlaku untuk pakaian yang memiliki lipatan yang khas, seperti jaket, gaun bergaris, atau jas.

1. Pisahkan pakaian berdasarkan kain, warna, atau ukuran

Jika kamu mencuci beberapa pakaian dengan tangan, pertimbangkan apakah kamu perlu mencucinya sendiri atau apakah pakaian bisa digabungkan dengan yang lain di bak mandi. Cuci sendiri apa pun yang diwarnai dengan warna cerah atau gelap untuk menghindari lunturnya warna pada kain lain.

Hindari untuk mencuci denim yang berat bersamaan dengan kain wol dan sutra halus atau sintetis tipis. Kamu bisa mencuci pakaian dalam dan kaos kaki secara bersamaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com