Kompas.com - 28/04/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi kucing menjilat Unsplash/Eric HanIlustrasi kucing menjilat

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang memiliki kucing peliharaan lebih dari satu, pasti sering melihat kucing menunjukkan perilaku yang tampak aneh satu sama lain.

Salah satu perilaku aneh yang dimaksud di sini adalah kucing saling mengendus bokong atau pantat atau dubur mereka satu sama lain, khususnya bagi kucing yang satu perindukan.

Ketika melihat perilaku tersebut, mungkin kamu beranggapan hal itu jorok dan menjijikkan. Lantas, mengapa kucing saling mengendus bokong? Apakah ini perbuatan yang buruk? 

Baca juga: 5 Hal Ini Ditakuti oleh Kucing, Apa Saja?

Dikutip dari Pet Place, Rabu (28/4/2021), mengendus bokong adalah bentuk komunikasi kucing ke kucing yang sangat alami, instingtual, dan dasar. Meski tampak aneh, begitulah cara kucing menyapa dan mengenal satu sama lain, yang biasanya diiringi dengan mengendus dada serta leher.

Bahkan, kucing yang saling mengenal dengan baik akan mengendus untuk "melihat apa yang baru" serta memperkuat ikatan dan komunikasi mereka. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tersedak Bola Bulu? Ini Penyebab dan Solusinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengendus bokong kucing lain adalah cara kucing bertanya seperti "Halo, apa kabar?". Cara ini mirip dengan cara manusia menggunakan jabat tangan saat bertemu atau berkenalan dengan orang lain. Kucing berkomunikasi satu sama lain menggunakan indera penciumannya yang kuat dan mendeteksi sinyal bahan kimia dalam minyak bau dari kelenjar anal.

Ketika seekor kucing mencium bokong kucing lain dan kamu mencoba menghentikannya, kamu sebenarnya mengganggu perilaku yang sehat. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tiba-tiba Batuk? Ini Penyebabnya

Meskipun mungkin tampak memalukan atau menjijikan bagimu, kucing akan mengendus bokong satu sama lain sebagai cara saling menyapa. 

Tidak hanya saling menyapa, mereka sebenarnya juga saling bertukar informasi. Mereka mengungkapkan sesuatu tentang kesehatan mereka, apakah mereka pernah ke sini sebelumnya, apakah mereka aktif secara seksual, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Apakah Kucing Mengetahui Saat Dipanggil Namanya?

Kehidupan sosial kucing tidak mematuhi atau sesuai dengan kode yang digunakan orang untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Kamu tidak akan melihat dua anak kucing bersalaman, bertukar kata, berpelukan, atau berciuman untuk saling menyapa.

Halaman:


Sumber Pet Place
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X