Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2021, 17:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena digunakan setiap hari dan berurusan dengan air, mesin cuci merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang lembab.

Seiring waktu, kelembaban di dalam mesin cuci dapat terperangkap di tempat yang sulit dijangkau dan dengan mudah menjadi tempat tumbuh jamur.

Segel, gasket, dan dispenser hanyalah beberapa area yang mungkin tidak Anda periksa saat Anda membersihkan mesin cuci, tetapi area yang sama ini adalah beberapa tempat terburuk untuk pertumbuhan jamur karena sering tidak mengering dengan benar setelah mencuci pakaian.

Baca juga: 4 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet

Kelembaban yang terperangkap di dalam mesin cuci dan kelembaban di ruang cuci di rumah akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur.

Dilansir dari Bob Vila, Senin (26/4/2021), meskipun Anda tidak dapat melihatnya, jamur dapat dengan mudah menempel pada pakaian Anda, menyebabkan masalah pernapasan seperti bersin, batuk, dan mengi. Bahkan dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami demam.

Bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak, orang tua, atau orang dengan masalah pernapasan yang sudah ada sebelumnya, konsekuensinya bisa lebih parah.

Untuk menjaga paru-paru Anda tetap sehat dan pakaian Anda bersih, berikut beberapa cara menghilangkan jamur di mesin cuci.

Baca juga: 8 Jenis Pakaian yang Rusak jika Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

1. Bersihkan mesin cuci secara teratur dan angin-anginkan

Metode ini mungkin sudah pernah Anda coba, tetapi kunci untuk membersihkan mesin cuci Anda adalah dengan menggosok semua area tersembunyi yang biasanya tidak Anda pikirkan untuk dibersihkan.

Lepaskan dispenser sabun, pemutih, dan pelembut agar Anda bisa membersihkannya satu per satu, serta agar Anda bisa membersihkan bagian yang pas.

Bersihkan bagian dalam tabung mesin cuci menggunakan lap atau sikat dan semprotan pembersih antimikroba, perhatikan gasket karet pada washer muatan depan dan bibir pintu pada washer muatan atas.

Setelah Anda selesai menggosok bagian depan dan dalam mesin cuci, periksa selang di bagian belakang untuk memastikan tidak ada jamur yang menumpuk di konektor selang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com