Kompas.com - 25/04/2021, 20:10 WIB
Ilustrasi terrarium. UNSPLASH/NIELSEN RAMONIlustrasi terrarium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan atau tanaman haid indoor adalah pilihan yang bagus untuk dekorasi rumah. Namun, menempatkan tanaman hias indoor bisa jadi menantang bagi mereka yang sibuk.

Oleh sebab itu, terrarium bisa menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang ingin mempercantik ruangan dengan tanaman hias, namun tak punya banyak waktu untuk merawatnya.

“Terarium adalah pilihan sempurna bagi mereka yang ingin merapikan rumah mereka dengan sentuhan tanaman hijau namun mungkin tidak punya waktu untuk merawat tanaman dalam ruangan yang khas. Sukulen dan kaktus yang tidak ditempatkan di bawah sinar matahari langsung membutuhkan perawatan minimal, dan jika Anda merasa kreatif, mudah untuk membuat terarium sendiri," kata Narelle Vanreyk dari Scotts Osmocote seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Jenis Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Berbagai Area di Rumah

Namun, meski mudah dirawat dan tidak mudah mati, ada beberapa kesalahan perawatan dan pemeliharaan yang membuat terrarium mati, berikut penjelasannya.

1. Anda menggunakan wadah yang salah

Pilih wadah kaca yang sesuai seperti akuarium ikan, vas, tumbler, toples, atau bahkan gelas wine. Pastikan saja penampangnya cukup besar agar pas dengan tangan Anda.

2. Tidak ada drainase

Tempatkan agregat, seperti batu, kerikil, di dasar wadah kaca agar air yang diterima sukulen Anda mengalir dengan efisien. Pastikan Anda menyisakan cukup ruang agar campuran media pot dapat menutupi akar tanaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Tidak menggunakan arang

Tambahkan lapisan arang, sebab arang bertindak sebagai filter untuk menyerap kelebihan air dari akar tanaman, menjaganya dari bakteri berbahaya, jamur, dan busuk.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

4. Anda melewatkan penyiraman

Setelah Anda membuat terrarium, semprotkan air ke dalam, di atas, dan di sekitar wadah kaca. Ini akan membantu menyegel tanaman dan memberikan kelembaban yang diperlukan agar terrarium tetap sehat.

5. Anda tidak memberinya makan

Cara terbaik untuk memastikan sukulen Anda tetap sehat adalah dengan menghindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung dan hanya menyiramnya sesuai kebutuhan.

Untuk menumbuhkan tanaman yang lebih sehat, beri makan terrarium Anda dengan pupuk yang rendah nitrogen dan kalium tinggi, seperti pupuk kaktus dan sukulen khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.