Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Penyebab Terrarium Mati, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan atau tanaman haid indoor adalah pilihan yang bagus untuk dekorasi rumah. Namun, menempatkan tanaman hias indoor bisa jadi menantang bagi mereka yang sibuk.

Oleh sebab itu, terrarium bisa menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang ingin mempercantik ruangan dengan tanaman hias, namun tak punya banyak waktu untuk merawatnya.

“Terarium adalah pilihan sempurna bagi mereka yang ingin merapikan rumah mereka dengan sentuhan tanaman hijau namun mungkin tidak punya waktu untuk merawat tanaman dalam ruangan yang khas. Sukulen dan kaktus yang tidak ditempatkan di bawah sinar matahari langsung membutuhkan perawatan minimal, dan jika Anda merasa kreatif, mudah untuk membuat terarium sendiri," kata Narelle Vanreyk dari Scotts Osmocote seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (25/4/2021).

Namun, meski mudah dirawat dan tidak mudah mati, ada beberapa kesalahan perawatan dan pemeliharaan yang membuat terrarium mati, berikut penjelasannya.

1. Anda menggunakan wadah yang salah

Pilih wadah kaca yang sesuai seperti akuarium ikan, vas, tumbler, toples, atau bahkan gelas wine. Pastikan saja penampangnya cukup besar agar pas dengan tangan Anda.

2. Tidak ada drainase

Tempatkan agregat, seperti batu, kerikil, di dasar wadah kaca agar air yang diterima sukulen Anda mengalir dengan efisien. Pastikan Anda menyisakan cukup ruang agar campuran media pot dapat menutupi akar tanaman.

3. Tidak menggunakan arang

Tambahkan lapisan arang, sebab arang bertindak sebagai filter untuk menyerap kelebihan air dari akar tanaman, menjaganya dari bakteri berbahaya, jamur, dan busuk.

4. Anda melewatkan penyiraman

Setelah Anda membuat terrarium, semprotkan air ke dalam, di atas, dan di sekitar wadah kaca. Ini akan membantu menyegel tanaman dan memberikan kelembaban yang diperlukan agar terrarium tetap sehat.

5. Anda tidak memberinya makan

Cara terbaik untuk memastikan sukulen Anda tetap sehat adalah dengan menghindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung dan hanya menyiramnya sesuai kebutuhan.

Untuk menumbuhkan tanaman yang lebih sehat, beri makan terrarium Anda dengan pupuk yang rendah nitrogen dan kalium tinggi, seperti pupuk kaktus dan sukulen khusus.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/25/201052376/5-penyebab-terrarium-mati-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke