Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Mudah dan Cepat Merapikan Rumah Ketika Tamu Datang

Kompas.com - 24/04/2021, 13:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika keadaan rumah sedang berantakan dan kotor, tiba-tiba ada tamu yang datang berkunjung. Kehadiran yang mendadak ini tentu membuat kamu kelabakan sehingga harus segera membersihkan dan merapikan barang-barang yang berantakan. 

Dalam kondisi ini, kamu hanya memiliki beberapa menit saja untuk bisa melakukan pembersihan dan merapikan barang-barang yang berantakan agar rumah tidak dipandang negatif oleh tamu. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (24/4/2021), berikut ini sembilan tips mudah dan cepat membereskan rumah yang berantakan ketika tamu hendak datang. 

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Ruang Tamu Terlihat Berantakan, Apa Saja?

1. Rapikan Segala Kekacauan di Jalan Masuk

Pintu masuk adalah hal pertama yang dilihat tamu. Jadi, ciptakan kesan pertama yang baik dengan memastikan pintu dan jalan masuk ke rumah dalam keadaan bersih serta rapi. Pastikan kamu mulai melakukan langkah pembersihan yang singkat dari ruang ini dan tidak membiarkan segala kekacauan dilihat oleh tamu. 

2. Sapu Ruangan 

Menyingkirkan rambut dan kotoran di lantai langkah penting yang harus dilakukan, terutama jika kamu memiliki lantai berwarna lebih terang yang mudah mengeluarkan kotoran. Nyalakan penyedot debu di atas area umum dan kamar mandi untuk melakukan pembersihan cepat

Baca juga: 9 Hal yang Membuat Rumah Tampak Kotor dan Berantakan Terus

3. Bersihkan Sofa

Karena tamu kemungkinan besar akan duduk di sofa, pastikan sofa dalam kondisi bersih dan rapi. Jalankan lint roller di atas permukaan sofa untuk menghilangkan rambut dan kotoran serta menepuk-nepuk busa sofa untuk singkirkan debu. Jika sofa yang kamu miliki terbuat dari kain, semprotkan cepat dengan semprotan penyegar kain. 

4. Nyalakan Lilin Beraroma

Menempatkan lilin wangi yang menyala di kamar mandi bisa membuatnya tampak lebih ramah dan menyenangkan. Pilih satu dengan aroma yang ringan seperti jeruk atau melati untuk meningkatkan suasana hati. 

5. Buka Gorden dan Jendela Lebar-lebar

Cara termudah menghilangkan bau apek dari rumah adalah membuka jendela dan gorden. Ini membawa udara segar dan mencerahkan rumah sehingga membuat rumah tampak lebih ramah dalam hitungan detik. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Rumah Semakin Berantakan

6. Bersihkan Wastafel  

Tamu mungkin akan mencuci tangan, apalagi kondisi saat ini masih pandemi. Untuk itu, pastikan dengan cepat membersihkan wastafel dengan menyekanya menggunakan handuk kertas atau kanebo. Buang semua sisa makanan dari saluran pembuangan serta pindahkan piring dan peralatan makan dari wastafel.

7. Bersihkan Kloset 

Kamu tidak perlu benar-benar menggosok mangkuk kloset jika tidak ada waktu. Cukup masukkan larutan pembersih dan diamkan selama lima menit, lalu bilas. Cara ini bekerja dalam keadaan darurat untuk menghilangkan bau apa pun. 

Baca juga: 7 Cara Mudah agar Rumah Tidak Berantakan

8. Tutup Semua Peralatan 

Entah itu lemari dapur, keranjang cucian, laci meja, dan sebagainya yang tampak berantakan dan tak harus dilihat tamu, maka pastikan kamu menutupinya. 

9. Semprotkan pengharum ruangan

Jika aroma rumah terasa kurang enak dihirup, segeralah menyemprotkan pengharum ruangan untuk menghilangkan bau sekaligus mengahrumkan ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com