Kompas.com - 19/04/2021, 19:44 WIB
ilustrasi merapikan kamar Shutterstock/fizkesilustrasi merapikan kamar

JAKARTA, KOMPAS.com — Ngabuburit menjadi terasa sangat lama jika kita tidak melakukan kegiatan apapun. Sebaliknya, jika kita memiliki aktivitas, ngabuburit terasa cepat dan tnapa terasa waktu buka puasa sudah tiba.

Untuk kamu yang di rumah saja, atu bekerja di rumah, ada baiknya mengisi waktu ngabuburit dengan menata rumah.

Tak perlu butu-buru, kamu bisa menata rumah per ruangan, sehingga kegiatan ini bisa kamu lakukan setiap hari hingga seluruh ruangan di rumah tertata dengan rapi.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Perlu Steamer untuk Merapikan dan Melicinkan Pakaian

Kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama keluarga sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Dengan rumah yang bersih dan teratur, kita tentu akan semakin nyaman menjalani ibadah puasa.

Untuk kamu yang ingin mencoba, berikut adalah bebrapa tips untuk menata rumah saat ngabuburit seperti dilansir dari Budget Dumpster, Senin (19/4/2021).

1. Tetapkan rencana dan tujuan

Sebelum memulai, buatlah rencana. Tidak peduli seberapa banyak ruangan yang harus dirapikan dan ditataulang, memulai dengan tujuan tertentu akan membantu mengurangi rasa berat dan hambatan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu akan memulai:

- Tulis atau gambar peta semua ruangan dan tempat-tempat yang berantakan yang ingin segera dirapikan.

Baca juga: 8 Panduan Merapikan Barang di Rumah ala Marie Kondo, Dijamin Sukses

- Beri setiap ruang nilai berdasarkan tingkat untuk membantumu menentukan prioritas. Misalnya, pada skala 1-3 (3 adalah yang paling berantakan), ruangan atau lemari yang sangat berantakan akan mendapatkan nilai 3.

- Tangani satu ruangan atau satu area pada satu waktu. Misalnya, ngabuburit hari ini merapikan kamar, ngabuburit besok merapikan lemari kamar, dan seterusnya.

- Tetapkan tanggal penyelesaian untuk setiap fase pembersihan, dan patuhlah apda jadwal dan rencana yang sudah kamu buat.

- Sesuaikan waktu untuk menyelesaikan satu ruangan, misalnya, beri waktu lebih lama untuk membereskan garasi atau gudang, daripada ruangan yang lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X