Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Merapikan Rumah di Bulan Ramadan, Bisa Jadi Aktivitas Ngabuburit

JAKARTA, KOMPAS.com — Ngabuburit menjadi terasa sangat lama jika kita tidak melakukan kegiatan apapun. Sebaliknya, jika kita memiliki aktivitas, ngabuburit terasa cepat dan tnapa terasa waktu buka puasa sudah tiba.

Untuk kamu yang di rumah saja, atu bekerja di rumah, ada baiknya mengisi waktu ngabuburit dengan menata rumah.

Tak perlu butu-buru, kamu bisa menata rumah per ruangan, sehingga kegiatan ini bisa kamu lakukan setiap hari hingga seluruh ruangan di rumah tertata dengan rapi.

Kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama keluarga sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Dengan rumah yang bersih dan teratur, kita tentu akan semakin nyaman menjalani ibadah puasa.

Untuk kamu yang ingin mencoba, berikut adalah bebrapa tips untuk menata rumah saat ngabuburit seperti dilansir dari Budget Dumpster, Senin (19/4/2021).

1. Tetapkan rencana dan tujuan

Sebelum memulai, buatlah rencana. Tidak peduli seberapa banyak ruangan yang harus dirapikan dan ditataulang, memulai dengan tujuan tertentu akan membantu mengurangi rasa berat dan hambatan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu akan memulai:

- Tulis atau gambar peta semua ruangan dan tempat-tempat yang berantakan yang ingin segera dirapikan.

- Beri setiap ruang nilai berdasarkan tingkat untuk membantumu menentukan prioritas. Misalnya, pada skala 1-3 (3 adalah yang paling berantakan), ruangan atau lemari yang sangat berantakan akan mendapatkan nilai 3.

- Tangani satu ruangan atau satu area pada satu waktu. Misalnya, ngabuburit hari ini merapikan kamar, ngabuburit besok merapikan lemari kamar, dan seterusnya.

- Tetapkan tanggal penyelesaian untuk setiap fase pembersihan, dan patuhlah apda jadwal dan rencana yang sudah kamu buat.

- Sesuaikan waktu untuk menyelesaikan satu ruangan, misalnya, beri waktu lebih lama untuk membereskan garasi atau gudang, daripada ruangan yang lainnya.


Menurut Jamie Hord, pendiri Horderly, “(Timeline) bergantung pada ukuran kamar dan rumah, dan jumlah item yang kamu miliki di masing-masing (ruang), tetapi jika kamu mencoba merapikan kamar demi kamar, tujuan yang sangat realistis dan dapat dicapai adalah bekerja melalui satu ruangan setiap akhir pekan."

2. Buat sistem penyortiran

Saat kamu memeriksa kamar-kamar di rumah, kamu perlu menyiapkan sistem untuk menyortir item yang kamu temukan.

Kamu dapat membuat metodemu sendiri, atau menggunakan Metode Tiga Kotak yang populer. Metode Tiga Kotak akan memaksa untuk membuat keputusan item demi item dan menghindari membuat ruangan lebih berantakan dari sebelumnya.

Kumpulkan tiga kotak atau tempat penyimpanan dan beri label sebagai "Simpan", "Singkirkan", dan "Taruh di Penyimpanan".

Gunakan tips merapikan berikut ini untuk menyortir barang:

Metode Tiga Kotak

- Simpan: Barang-barang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
Isi kotak ini setelah kamu menyelesaikan setiap ruang, lalu taruh barang-barang ini di rumah sesuai dengan fungsinya. Idealnya, barang-barang tersebut harus disimpan rapi di dalam wadah atau laci dan diberi label.

- Singkirkan: Item yang tidak lagi digunakan.
Kosongkan kotak ini setelah kamu menyelesaikan setiap ruang, dan putuskan apakah kamu akan menyumbang atau membuang setiap item.

- Taruh Di Penyimpanan: Barang musiman atau sentimental.
Kosongkan kotak ini ke dalam wadah penyimpanan setelah kamu menyelesaikan setiap ruang. Beri label wadah penyimpanan, dan susun dengan rapi di area penyimpanan yang ditentukan.

3. Bersihkan rumah dari kekacauan

Ada beberapa opsi untuk membuang item yang sudah kamu kumpulkan di kotak "Singkirkan,” di antaranya:

- Donasi atau Freecycle:
Kamu bisamenyumbangkan pakaian, sepatu, dan barang-barang rumah tangga lainnya dalam kondisi baik ke sejumlah badan amal setempat.

Sebelum memberikan donasi, pastikan untuk memeriksa pedoman amal untuk barang yang diterima. Kamu juga dapat mencoba memberikannya pada orang-orang di daerah yang bisa datang untuk mendapatkan barangnya.

- Daur ulang:
Kaca, plastik, dan kertas yang dapat didaur ulang dapat langsung masuk ke tempat sampah daur ulang. Beberapa aplikasi juga menyediakan penjemputan untuk barang-barang yang bisa didaur ulang.


- Adakan Obral:

Karena pandemi, obral barang bekas bisa kamu lakukan secara online. Kamu bisa mengambil gambar dari barang bekas yang akan kamu jual, beri label dan unggah fotonya dengan menyertakan kekurangan dan kelebihan serta harganya.

- Membuangnya:

Jika barang-barang yang kamu singkirkan sudah benar-benar tak bisa digunakan atau rusak, kamu bisa membuangnya dengan menyewa tenaga pembuang sampah psrofesional juga sampah terlalu banyak dan menumpuk.

Jika sedikit, kumpulkan dalam plastik sampah besar dan ikat sebelum membuangnya ke tempat pembuangan akhir di lingkunganmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/19/194400176/tips-merapikan-rumah-di-bulan-ramadan-bisa-jadi-aktivitas-ngabuburit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke