Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Berbagai Noda Makanan dari Pakaian Anak

Kompas.com - 02/04/2021, 20:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika seorang anak memakan sesuatu sendirian, hal ini berpontensi menyebabkan tumpahan makanan di mana-mana, khususnya pada pakaian yang mereka pakai.

Noda makanan pada pakaian anakmu tentu membuatmu akan bersiap-siap melakukan pekerjaan berat, yakni mencuci dan menyingkirkan noda sampai kembali bersih.

Agar kegiatan membersihkan pakaian anakmu yang terkena noda makanan terasa mudah, ada beberapa cara menghilangkan noda dari masing-masing makanan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membuat Ruang Ganti Pakaian dengan Anggaran Terbatas

Dilansir dari Wonderwall, Jumat (2/4/2021), berikut ini cara menghilangkan noda makanan yang paling umum dari pakaian anakmu berdasarkan jenis noda makanannya.

1. Noda susu

Noda protein segar dari susu harus dihilangkan dengan cara merendamnya dan menggosok noda dengan air dingin sebelum dicuci.

Noda susu mengandung bahan lain, tetapi protein membutuhkan perawatan khusus. Jangan pernah menggunakan air panas untuk menghilangkan noda susu pada pakaian, karena itu akan memasak protein sehingga noda sulit dihilangkan.

Jika noda mengering atau sudah tua, kikis sisa kotoran, lalu rendam dalam air dingin menggunakan detergen cair. Rendam selama 30 menit dan cuci dengan air hangat.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian dan Mesin Cuci

Jika noda tetap ada, rendam selama 30 menit lagi dan cuci kembali.

2. Noda makanan bayi

Kikis noda makanan bayi pada pakaian anak sebanyak mungkin sebelum mengering.

Rawat kain terlebih dahulu dengan larutan cuka (campur 1 bagian cuka dan 2 bagian air) dan oleskan pada noda. Biarkan selama minimal 10 menit (harap diperhatikan bahwa noda kering mungkin perlu direndam selama beberapa jam).

Cuci seperti biasa dan keringkan di udara (jangan gunakan pengering karena panas dapat membiat residu noda menjadi permanen). Ulangi proses tersebut sesuai kebutuhan.

Untuk noda membandel, gosok noda dengan beberapa tetes larutan berbasis alkohol (pembersih tangan).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com