Kompas.com - 02/04/2021, 13:14 WIB
Ilustrasi penempatan cermin sebagai dekorasi ruangan. PIXABAY/DARTHZUZANKAIlustrasi penempatan cermin sebagai dekorasi ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memaksimalkan dekorasi ruangan agar terlihat lebih luas dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pemilihan warna cat, pemilihan furnitur fungsional, pencahayaan yang memadai, hingga penggunaan cermin.

Faktanya, kemampuan cermin untuk memantulkan cahaya dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Namun, bagaimana agar cermin bisa memaksimalkan fungsinya?

Dilansir dari The Washington Post, Jumat (2/4/2022), ada berbagai hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan cara kerja cermin sebagai berikut. 

Baca juga: 7 Manfaat Meletakkan Cermin Besar di Kamar Tidur

1. Cermin besar lebih baik

Untuk memaksimalkan dampak cermin dan menciptakan titik fokus pada dinding, pertimbangkan menggunakan cermin berukuran besar.

Jika skala cermin lebih besar, akan membuatnya terlihat jauh dramatis dan memperluas ruang secara visual.

2. Posisi adalah kunci

Cermin dapat membantu membuat ruangan terasa lebih besar karena cahaya memantulkan ke cermin dan kembali ke dalam ruangan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memanfaatkan pencahayaan alami, gantung cermin di seberang jendela, namun jika tidak memiliki jendela, Anda bisa menempatkan cermin di dekat lampu dan akan menghasilkan efek yang serupa.

Baca juga: Catat, 3 Kesalahan dalam Membersihkan Kaca Jendela dan Cermin

Selain itu, disarankan untuk menempatkan cermin di seberang pintu masuk ruangan sehingga mengesankan lorong terlihat lebih luas.

3. Hindari menggantung terlalu tinggi 

Jika cermin diletakkan terlalu tinggi, ruangan akan terasa tidak terhubung. Namun, ketika cermin ditempatkan lebih rendah, Anda akan merasa lebih intim di dalam ruangan.

Setidaknya gantung cermin dengan bagian tengah bingkai sekitar 1 meter dari lantai.

4. Pelengkap dan kontras

Tidak ada aturan yang tidak bisa dilanggar dalam hal mendekorasi dengan cermin. Untuk mendapatkan tampilan pribadi yang terkumpul, pertimbangkan furnitur yang ada di sebuah ruangan.

Misalnya ketika Anda memiliki banyak garis di furnitur pilih bingkai cermin yang berukir atau saat di ruangan bersudut pilih bingkai cermin bulat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X