Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Memaksimalkan Fungsi Cermin agar Ruangan Terlihat Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Memaksimalkan dekorasi ruangan agar terlihat lebih luas dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pemilihan warna cat, pemilihan furnitur fungsional, pencahayaan yang memadai, hingga penggunaan cermin.

Faktanya, kemampuan cermin untuk memantulkan cahaya dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Namun, bagaimana agar cermin bisa memaksimalkan fungsinya?

Dilansir dari The Washington Post, Jumat (2/4/2022), ada berbagai hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan cara kerja cermin sebagai berikut. 

1. Cermin besar lebih baik

Untuk memaksimalkan dampak cermin dan menciptakan titik fokus pada dinding, pertimbangkan menggunakan cermin berukuran besar.

Jika skala cermin lebih besar, akan membuatnya terlihat jauh dramatis dan memperluas ruang secara visual.

2. Posisi adalah kunci

Cermin dapat membantu membuat ruangan terasa lebih besar karena cahaya memantulkan ke cermin dan kembali ke dalam ruangan.

Untuk memanfaatkan pencahayaan alami, gantung cermin di seberang jendela, namun jika tidak memiliki jendela, Anda bisa menempatkan cermin di dekat lampu dan akan menghasilkan efek yang serupa.

Selain itu, disarankan untuk menempatkan cermin di seberang pintu masuk ruangan sehingga mengesankan lorong terlihat lebih luas.

3. Hindari menggantung terlalu tinggi 

Jika cermin diletakkan terlalu tinggi, ruangan akan terasa tidak terhubung. Namun, ketika cermin ditempatkan lebih rendah, Anda akan merasa lebih intim di dalam ruangan.

Setidaknya gantung cermin dengan bagian tengah bingkai sekitar 1 meter dari lantai.

4. Pelengkap dan kontras

Tidak ada aturan yang tidak bisa dilanggar dalam hal mendekorasi dengan cermin. Untuk mendapatkan tampilan pribadi yang terkumpul, pertimbangkan furnitur yang ada di sebuah ruangan.

Misalnya ketika Anda memiliki banyak garis di furnitur pilih bingkai cermin yang berukir atau saat di ruangan bersudut pilih bingkai cermin bulat.

5. Perawatan

Meskipun terlihat tidak memiliki masalah sama sekali, cermin harus dibersihkan secara rutin. Hal ini akan menghilangkan kesan kotor dan debu yang menempel selama Anda menggantungnya. Untuk mendapatkan tampilan yang selalu cantik, lap cermin dengan cairan khusus pembersih cermin.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/02/131400876/trik-memaksimalkan-fungsi-cermin-agar-ruangan-terlihat-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke