Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2021, 09:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sering kali terabaikan, cermin merupakan elemen dekorasi yang dapat memberikan kesan luas serta suasana yang lebih terang di dalam ruangan.

Tak hanya digunakan untuk merias, namun cermin dapat memantulkan segala jenis cahaya di dalam maupun luar ruangan sehingga dapat menerangi sudut-sudut yang gelap di dalam rumah.

Lantas, bagaimana caranya mendekorasi ruangan menggunakan cermin? Dilansir dari Homes to Love, Jumat (22/1/2021), ada beberapa cara untuk mendekorasi ruangan menggunakan cermin dengan cara berikut ini.

Baca juga: 4 Tempat di Rumah yang Cocok Diletakkan Cermin

Ruangan kurang pencahayaan

Cermin memiliki fungsi sebagai peningkat ruang, karena pada dasarnya cermin dapat menggandakan tampilan apapun di dalam ruangan. Karena alasan ini, cermin merupakan tambahan yang bagus untuk diletakkan di lorong.

Kemudian, jika ada ruangan di dalam rumah yang kekurangan cahaya, Anda bisa meletakkan cermin di dalam ruangan tersebut agar terkesan lebih terang. Selain itu, menempatkan cermin di sebelah karya seni seperti lukisan juga bisa menambah daya tarik juga.

Galeri cermin

Anda juga bisa menggantungkan cermin berkelompok dengan cermin lainnya, bisa digantung secara rapi, simetris dari dua atau lebih cermin yang sama.

Pendekatan pertama akan menciptakan efek dinamis yang lebih hidup, sedangkan pendekatan kedua akan membuat ruangan terasa tenang dan tenang.

Baca juga: Panduan Memilih Cermin di Rumah Menurut Feng Shui

Diapit karya seni

Cara lainnya untuk menjadikan cermin sebagai dekorasi ruangan adalah dengan menggantungnya diapit oleh karya seni dengan ukuran yang sama. Cermin berbentuk bundar dan cermin melengkung atau memiliki ukiran pada bingkainya juga dapat diletakkan dekat dengan furnitur di dalam ruangan.

Lilin

Sifat dasar cermin yang dapat memantulkan sinar, membuat lilin menjadi pasangan yang baik. Atur suasana pesta makan malam dengan banyak lilin yang berdiri di depan cermin di atas perapian

Selain itu, atur zona bersantai yang mewah di kamar mandi atau kamar tidur Anda dengan lilin yang diletakkan di depan atau di seberang cermin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com