Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Pertama Kali Membeli Tanaman Hias? Ini Panduannya

Kompas.com - 22/03/2021, 18:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli tanaman hias merupakan solusi untuk membuat ruangan menjadi lebih teduh dan asri, serta bisa menjadikannya elemen dekorasi yang cantik. Namun, tak seperti benda mati, tanaman harus dirawat agar bisa tumbuh dengan subur.

Untuk itu, dilansir dari Hunker, Senin (22/3/2021), ada beberapa hal yang perlu diingat saat berbelanja tanaman agar mereka bisa tumbuh subur dan memiliki daya tahan lama.

Anda juga perlu memilih tanaman sesuai dengan tujuan Anda. Apakah Anda menginginkan tanaman hias yang mudah dirawat, atau Anda sedang mencari tanaman yang cocok dengan area luar ruangan yang teduh?

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat

Namun, faktanya merawat tanaman tidak selalu berakhir baik, ada beberapa di antaranya mati dan sebagaiannya pun bisa tumbuh subur.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat hendak membeli tanaman untuk pertama kali? Simak ulasannya berikut ini.

1. Peletakkan Tanaman
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tanaman, sebagai berikut. 

Paparan sinar matahari: Kenali lingkungan Anda. Baik Anda berencana menanam di luar atau di dalam ruangan, Anda perlu mengetahui tingkat paparan sinar matahari di sekitar rumah dan properti Anda.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Tanaman Hias Indoor Mati

Jika Anda memiliki apartemen yang teduh, sukulen dan kaktus yang menyukai sinar matahari adalah pilihan tanaman hias yang buruk.

Ruang: Berapa luas ruang yang Anda miliki? Ini sangat penting untuk situasi penanaman di luar ruangan. Apakah Anda ingin menanam pohon buah?

Anda mungkin membutuhkan lebih banyak ruang daripada yang Anda kira karena banyak pohon buah-buahan membutuhkan dua varietas untuk penyerbukan silang.

Tanah: Jika Anda membeli tanaman untuk alam bebas, Anda perlu tahu jenis tanah yang Anda tangani. Beberapa tanaman lebih menyukai tanah berpori dan berpasir.

Yang lain akan tumbuh subur di berbagai tanah selama kebutuhan sinar matahari mereka terpenuhi. Jika Anda berencana untuk menanam dalam pot atau bedengan, jenis tanah tidak terlalu menjadi masalah karena Anda dapat menyesuaikannya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com