Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2021, 11:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka sudah dikenal luas tidak hanya sebagai bahan penyedap masakan, namun juga sebagai bahan pembersih yang ampuh dan murah di rumah. Namun demikian, apakah Anda juga tahu bahwa cuka memiliki banyak manfaat dalam perawatan tanaman hias?

Ya, cuka dapat digunakan untuk berbagai kegiatan perawatan tanaman hias Anda. Misalnya adalah membasmi hama, hingga membersihkan perkakas berkebun.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (14/3/2021), berikut sejumlah manfaat cuka dalam perawatan tanaman hias dan berkebun.

Baca juga: Benarkah Cuka Bisa Membasmi Kuman? Ini Jawabannya

1. Membunuh gulma

Anda dapat membunuh gulma dengan menyemprotkan cuka langsung ke atasnya. Namun, berhati-hatilah agar tidak menyemprot ke tanaman yang ingin Anda pelihara.

Cuka adalah pilihan yang bagus jika Anda memilih untuk tidak menggunakan produk racun di halaman, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang menggunakan taman.

2. Menjauhkan hewan dari halaman dan tanaman

Kerap kali kita merasa frustrasi dengan kucing anjing yang menggali tanah mereka dan buang air di antara tanaman.

Dengan merendam beberapa kain bekas dalam cuka dan menggantungnya di tempat rendah di sekitar taman Anda, hewan akan terhalang secara alami dan tanpa risiko atau kekejaman.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda di Kasur, Bisa Pakai Cuka dan Sabun Cuci Piring

3. Membersihkan pot tanaman

Pot terakota adalah jenis pot tanaman yang banyak dipilih oleh mereka yang merawat tanaman hias. Pot ini praktis, serta terlihat cantik dan berkelas tanpa mengalihkan fokus apa pun dari tanaman yang tumbuh di dalamnya.

Akan tetapi, pot terakota dapat cepat kotor dan tidak mudah dibersihkan. Cobalah mencucinya dengan cuka, yang akan dengan cepat menghilangkan kotoran yang menumpuk dan mengembalikan warnanya.

4. Membantu tanaman berkembang

Beberapa tanaman seperti rhododendron dan azalea tumbuh subur di lingkungan tanah yang asam. Tambahkan satu cangkir cuka ke sekitar empat liter air dan tambahkan ke tanah tanaman ini.

5. Singkirkan semut

Semut adalah hama yang seringkali membuat kita kesal karena memenuhi batang tanaman. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama, lalu semprotkan di pintu masuk sarang mereka dan di jalan serta permukaan tempat mereka berada.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com