Kompas.com - 11/03/2021, 17:06 WIB
Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUUIlustrasi tanaman cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com — Meskipun kamu tinggal di apartemen, atau rumah yang tak memiliki halaman, kamu tetap bisa menanam cabai sendiri.

Cabai memang membutuhkan cahaya matahari, namun kamu tetap bisa menanamnya di dalam rumah, dan mengeluarkannya ke dekat jendela yang akan menampung sinar matahari saat siang hari tiba.

Berikut adalah tips menanam cabai dalam ruangan seperti dilansir dari Home Edit, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Bunga Rontok pada Tanaman Cabai

Suhu hangat

Cabai menyukai kehangatan yang konsisten dan membenci udara dingin yang tiba-tiba. Jika mereka berada di dalam ruangan, mereka menginginkan jendela dengan sinar matahari langsung sebanyak mungkin.

Nutrisi dan air

Cabai adalah tanaman yang mudah haus, tetapi secara mengejutkan juga sangat tangguh jika kamu lupa menyiraminya. Cabai juga akan memberi tahumu ketika mereka kekurangan air atau makanan, apakah karena daun layu atau berubah warna.

Untuk itu sebaiknya siramlah tanaman tepat waktu dan beri juga pupuk sesuai kebutuhannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pot yang nyaman

Jangan menanam cabai di pot atau wadah yang terlalu kecil. Karena, tanaman cabai memiliki bola akar padat penghisap air yang membuat mereka haus jika potnya terlalu kecil.

 

Baca juga: Teknik Menyiram Tanaman Cabai yang Tepat agar Subur dan Buahnya Lebat

Adapun jika pot terlalu besar, terlalu banyak air akan mengendap di dasar dan membuat tanaman rentan mengalami busuk akar. Jika air tampak menghilang segera pindahkan ke dalam pot yang lebih besar, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ukuran potnya.

Pangkas

Pangkaslah ujung daun, ini akan merangsang tumbuhan untuk memproduksi lebih banyak bunga. Waktu terbaik untuk memotongnya adalah sebelum pertumbuhan utamanya.

Penyerbukan tangan

Cabai sebenarnya bisa melakukan penyerbukan sendiri, tetapi menggosok bunganya dengan kuas kecil dapat membantu cabai menghasilkan lebih banyak buah.

Cabai membutuhkan waktu beberapa minggu untuk berbuah dan menjadi matang. Kamu harus bersabar sembari terus merawatnya dengan baik. Sehingga saat harga cabai sedang melonjak di pasaran, kamu bisa berhemat dengan menikmati hasil kebunmu sendiri.

Selamat mencoba!



Sumber Home Edit
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X