Kompas.com - 06/03/2021, 17:25 WIB
Ilustrasi tanaman cabai. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi tanaman cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tanaman cabai, kegiatan menyiram tanaman dengan air adalah hal yang penting untuk kehidupannya, sebagai proses dalam pendewasaan tanaman.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa penyiraman air terhadap tanaman cabai tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada kiat khusus yang perlu diterapkan.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang membudidayakan tanaman cabai dianggap keliru atau kurang tepat dalam menyirami tanaman cabai miliknya.

Baca juga: Teknik Pemupukan Tanaman Cabai di Pot agar Subur dan Buahnya Lebat

Lantas bagaimana cara penyiraman tanaman cabai dengan benar?

Dilihat dari Channel Youtube Dari Kami Untuk Kamu, Sabtu (6/3/2021), tanaman cabai tidak boleh hanya asal disiram atau dikocor menggunakan air dari selang.

Dalam video tersebut, Sagio, selaku praktisi pertanian menyampaikan kalau penyiraman tanaman cabai ini sangat penting sekali pada tanaman cabai yang ada di pot maupun polybag.

"Biasanya ketika melakukan penyiraman, itu kurang pas, ada yang pakai selang langsung dikocor ke pohon, terus ada yang dikocor di batang, itu sebenarnya kurang pas," jelas Sagio.

Baca juga: 8 Tips Menanam Cabai Rawit agar Hasil Melimpah

Penyiraman tanaman cabai yang dilakukan dengan langsung menyemprotkan air dari selang, terlebih air yang disemprotkan begitu kencang, itu bisa membuat media tanah akan menjadi rusak.

Selain boros air, teknik penyiraman demikian juga akan membuat tanaman cabai menjadi rebah, serta membuat bunga-bunga yang mungkin calon tumbuh cabai itu bisa rontok.

Sagio pun mempraktikkan teknik penyiraman tanaman cabai yang baik dan benar agar tidak merusak tanaman cabai dan menghemat air.

Untuk menyiram tanaman cabai di pot berukuran diameter 30-40 cm, kamu perlu menyiapkan air dalam ember.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X