Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2021, 18:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu menanam tanaman cabai, kegiatan pemupukan merupakan salah satu proses yang harus dilakukan dalam merawatnya.

Bagi tanaman cabai, pupuk berguna sebagai nutrisi atau unsur hara, sehingga hal itu bisa membuat tanaman cabai subur dan berbuah lebat.

Namun, terkait pemupukan pada tanaman cabai, tidak sedikit orang mungkin masih ragu tentang teknik pemupukan tanaman cabai agar bisa subur dan berbuah lebat.

Baca juga: 8 Tips Menanam Cabai Rawit agar Hasil Melimpah

Jika kamu juga masih ragu tentang teknik pemupukan pada tanaman cabai yang tepat agar bisa subur dan berbuah lebat, maka pada artikel kita akan membahasnya kali ini.

Dilihat dari kanal Youtube Dari Kami Untuk Kamu, Rabu (03/03/2021), pupuk yang baik untuk digunakan pada tanaman cabai itu tergantung dan berbeda-beda.

"Pemupukan tanaman cabai itu tergantung, ketika saya pas ada apa. Kalau saya ada kotoran hewan saya kasihkan itu ke tanaman cabai, tapi pas kebetulan tidak ada saya pakai kompos," jelas Sagio, Praktisi Pertanian dalam video tersebut.

Sagio mengatakan kalau kegiatan pemupukan ini sangat penting sekali. Untuk tanaman cabai, kotoran kambing dan kompos itu banyak mengandung unsur N atau nitrogen.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Bunga Cabai Rontok

Tapi, sebagai pelengkap, Sagio menyarankan untuk memberikan pupuk NPK 16-16-16 pada tanaman cabai dalam kurun waltu seminggu sekali.

Pemberian pupuk NPK seminggu sekali diibaratkan Sagio sebagai 'makan enak' untuk tanaman cabai.

"Kenapa saya harus menggunakan pupuk NPK? tidak menggunakan urea, sp36 dan KCL? kalau saya menggunakan 3 pupuk itu berarti saya harus mencampur lagi, mencampur urea, sp36 dan KCL. Nah ini juga butuh proses, butuh pengetahuan khusus, jadi ribet lah," jelas Sagio.

Menurut Sagio pupuk NPK itu sudah komplit untuk diberikan ke tanaman cabai, dan tidak lagi perlu repot-repot untuk dicampur-campurkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com