Kompas.com - 15/02/2021, 08:46 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah sebaiknya selalu dibersihkan, agar keluarga merasa nyaman dan terjaga kesehatannya.

Selain itu, dengan pembersihan rumah secara rutin, kamu akan terhindar dari tugas menumpuk karena rumah yang terlanjur berantakan dengan banyak barang berserakan.

Jika kamu tak memiliki banyak waktu, kamu bisa membersihkan secara rutin hal-hal penting di rumah. Berikut adalah tujuh di antaranya, seperti dikutip dari Woman's Day, Senin (14/2/2021). 

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Cuka untuk Membersihkan Rumah

1. Lap piring

Lap piring mungkin tidak terlihat kotor, tetapi lap dianggap sebagai tempat paling terkontaminasi di dapur dalam penelitian yang didanai USDA. 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pun hal yang sama berlaku untuk handuk kecil di kamar mandi, yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan tangan menurut Carolyn Forte, direktur Lab Pembersih di Good Housekeeping Institute.

"Handuk tangan menjadi lebih cepat kotor karena kamu menggunakannya lebih dari sekali sehari. Lap handuk harus diganti setiap pasangan hari, atau bahkan setiap hari, (terutama) jika kamu memiliki keluarga besar.” ujar Forte.

2. Meja dapur

Meja dapur selalu kita gunakan untuk mempersiapkan makanan dan juga meletakkan berbagai macam hal seperti, tas belanjaan, dompet, kunci mobil bahkan lap kotor.

Baca juga: 7 Bahan yang Bisa Membersihkan Rumah, Mentimun hingga Kulit Pisang

Jadi agar tetap bersih dan bebas kuman, kamu harus membersihkan dan mendisinfeksinyasetiap hari. Pastikan kamu tidak menggunakan spons, handuk kertas, atau kain yang sama untuk melakukan pekerjaan tersebut.

“Menggunakan satu lap di beberapa permukaan bukanlah hal yang baik, karena ini kemungkinan besar akan menyebabkan kontaminasi silang," kata Michaelle Exhume, seorang produk analis di Lab Pembersih di Good Housekeeping Institute.

3. Dinding kamar mandi

Cara termudah untuk menghilangkan noda dan kuman pada ubin kamar mandi adalah dengan perawatan rutin.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X