Kompas.com - 06/02/2021, 17:14 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika salah satu anggota keluarga menderita penyakit menular seperti pilek, flu atau penyakit lainnya, hal utama yang harus dilakukan adalah mencegah agar anggota keluarga yang lain tidak tertular.

Untuk itu kamu diminta agar rajin mencuci tangan dan membersihkan rumah supaya virus tidak bisa bertahan lama dan menginfeksi anggota keluarga yang lain.

Karena, virus bisa bertahan hidup di permukaan, bahkan hingga berminggu-minggu. Maka dari itu, penting untuk membersihkan rumah dengan benar jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, atau baru sembuh dari sakit.

Baca juga: 9 Cara agar Tidak Malas Membersihkan Rumah

Berikut adalah tips membersihkan rumah, usai salah satu anggota keluarga sakit, seperti dikutip dari The Spruce, Sabtu (6/2/2021).

1. Alat bersih-bersih

Air biasa dan pembersih ringan sering kali tidak akan berhasil saat membunuh virus, bakteri, dan kuman lainnya.

Kamu harus menggunakan disinfektan, mengikuti petunjuk produk, dan memberikan waktu agar cairan bekerja membunuh virus, karena langsung menyeka permukaan setelah diberi cairan disinfektan mungkin tak akan cukup membunuh virus.

Untuk pembersih disinfektan buatan sendiri, lakukan hal berikut. 

  • Gunakan pemutih pakaian yang mengandung 5 hingga 9 persen natrium hipoklorit, campurkan sepertiga cangkir pemutih per 1 galon air suhu ruangan (atau 4 sendok teh pemutih per 1 liter air suhu kamar).
  • Campur larutan baru setiap hari karena pemutih klorin dapat kehilangan sifat pembersihannya saat terkena udara dalam waktu lama.
  • Saat menggunakan pembersihan, ikuti petunjuk label.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Membersihkan Rumah untuk Kesehatan

Untuk larutan air pemutih buatan sendiri, celupkan kain putih bersih atau tisu dapur ke dalam larutan, dan oleskan ke permukaan yang perlu dibersihkan.

Biarkan selama minimal tiga menit, lalu bilas permukaannya dengan air biasa. Larutan pemutih juga dapat diaplikasikan dengan botol semprot.

Buang tisu dapur setelah kamu selesai mengelap permukaan, atau cuci kain lap setelah digunakan.

Spons sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan karena bisa menampung bakteri di celah-celah. Untuk barang dengan celah kecil, seperti remote dan keyboard komputer, kamu dapat menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam disinfektan untuk masuk ke area yang sempit.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X