Kompas.com - 02/02/2021, 08:20 WIB
Ilustrasi bantal. PIXABAY/FREE_PHOTOSIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com — Setiap malam, kamu pasti meletakkan kepalamu di atas bantal kesayangan. Untuk itu, penting menjaga bantal agar tetap bersih.

Bagi kamu yang ingin membersihkan bantal, hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat apa isi bantal, apakah dakron, busa, atau bulu dan pastikan untuk membaca cara perawatan yang biasanya akan menempel di bantal.

Dilansir dari Elle Decor, Selasa (2/2/2021), berikut adalah saran dari Carolyn Forte, direktur dari Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, untuk membersihkab bantal agar tetap nyaman digunakan.

Baca juga: Kenapa Seprai dan Sarung Bantal di Hotel Berwarna Putih?

1. Dakron

Jika dakron merupakan isi dari bantalmu, kamu bisa mencuci bantal ini ke dalam mesin cuci. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cucilah bantal dengan dua kali putaran.

Jika bantal memiliki label perawatan, bacalah dan ikuti petunjuknya. Jika tidak, atau kamu sudah memotong labelnya, gunakan air hangat dan pilih putaran lembut pada mesin cuci, lalu tambahkan siklus pembilasan dan pemutaran air dingin ekstra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jemur bantal hingga kering, sering-seringlah mengembang dan membaliknya.

2. Bulu

Jika kamu memiliki bantal dengan isi bulu, kamu juga bisa menggunakan mesin cuci untuk membersihkannya.

Namun untuk bulu pastikan kamu menggunakan sedikit detergen lalu atur mesin pada siklus yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian berkain tebal dan bilas bantal dua kali.

Baca juga: Seberapa Sering Bantal Harus Dicuci? Ini Penjelasannya

Setelah dikeringkan, keluarkan bantal secara berkala dan coba kembangkan lagi dengan tangan. Gunakan jari untuk merasakan gumpalan dan segera renggangkan.

Bantal akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering daripada pakaian yang biasanya. Jika bantal memiliki bau apak, jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

3. Busa

Untuk bantal berbahan busa, kamu tidak disarankan untuk membersihkannya dengan mesin cuci.

Sebagai gantinya, kamu dapat mencucinya sesuai dengan petunjuk perawatan pada label. Untuk menghilangkan debu dari bantal busa, gunakan vakum cleaner pada kedua sisi dengan alat pelapis. Jika memungkinkan, turunkan tingkat hisap untuk membuat proses pembersihan sedikit lebih mudah.

Pilihan lain, masukkan bantal ke pengering pada siklus tanpa pemanas atau hanya udara selama 20 menit. Bersihkan area yang kotor dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan sabun berbusa lembut.

Halaman:


Sumber Elle Decor
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X