Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2021, 18:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar kucing peliharaan tetap sehat dan terhindar dari kutu, dan penyakit kulit lainnya, memandikannya merupakan solusi utamanya.

Beberapa kucing memang bisa mandi sendiri dengan menjilati tubuhnya, namun beberapa kucing dengan bulu lebat membutuhkan bantuan untuk membersihkannya tubuhnya.

Dilansir dari Better Homes & Garden, Kamis (28/1/2021), sebelum mulai memandikan kucing, sebaiknya memilih sampo yang cocok dengan karakter bulunya. Jangan sampai salah memilih shampoo dan terjadi kerontokan.

 

Baca juga: Kenapa Kucing Menyukai Ikan?

Lantas, bagaimana memandikan kucing dengan aman dan benar? Simak langkahnya berikut ini. 

Potong Kuku

Sebelum mandi, sebaiknya potong kuku kucing, karena jika kucing mencoba menggaruk atau mencakar Anda saat proses memandikan akan terjadi luka. Kenakan sarung tangan karet tahan air sehingga dapat memudahkan proses pemandiannya.

Pilih Wadah

Mandikan kucing di baskom atau ember yang dangkal, karena bak mandi atau wadah yang berukuran penuh bisa membuat Anda repot dengan penolakan si kucing terhadap air yang banyak. Isi ember atau wadah untuk memandikannya dengan air sekitar 5 inci atau lebih.

Pastikan wastafel, baskom, atau bak memiliki dasar anti selip. Kemungkinan kucing Anda akan mencoba melarikan diri, jadi Anda harus menghindari tergelincir.

Baca juga: Mengapa Kucing Mendengkur? Ini Penjelasannya

Waspadai Airnya

Anda dapat menggunakan alat untuk menuangkan air ke punggung dan ekornya tetapi hindari menuangkan air ke atas kepalanya. Percikan air, terutama di dekat kepala, akan membuat kucing Anda kesal.

Gunakan bola kapas yang dibasahi untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing Anda.

Gunakan Produk yang Tepat

Selalu gunakan sampo yang dibuat khusus untuk kucing dan berbusa dengan baik. Pastikan untuk membersihkan perut, cakar, punggung, dan ekornya.

Jika ada bulu yang kusut, sikat perlahan saat bulunya basah. Pastikan untuk membilas seluruhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com