Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ruangan Dingin Tanpa AC? PIlih Jenis Kipas Angin Ini

Kompas.com - 14/01/2021, 12:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan air conditioner (AC) atau pendingin ruangan saat suhu udara panas memang menjadi salah satu solusi untuk mendinginkan ruangan.

Namun, kelemahannya adalah pemakaian listrik serta biaya yang lebih tinggi jika menggunakan AC. Sebenarnya ada solusi lainnya untuk membuat ruangan lebih sejuk, yakni menggunakan kipas angin.

Dilansir dari Insider, Kamis (14/1/2021), penggunaan kipas angin bisa lebih hemat karena tidak memerlukan daya listrik yang besar. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah kipas angin akan lebih bekerja efektif dengan pemasangan yang benar sesuai dengan jenisnya.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Membuat AC Tidak Dingin

1. Kipas angin jendela atau exhaust fan

Kipas angin jendela atau exhaust dipasang di jendela terbuka untuk menarik udara dingin masuk dan mendorong udara panas keluar, kipas ini dapat dipasang untuk mendinginkan seluruh rumah.

Agar kipas jendela dapat mendinginkan rumah, suhu luar ruangan harus lebih rendah dari suhu dalam ruangan dan hal itu akan terjadi pada malam hari atau dini hari.

Sehingga, hindari menyalakan kipas ini selama hari yang paling panas karena akan menarik udara yang panas, dan membuat rumah Anda lebih hangat, bukan lebih sejuk.

Kipas angin jendela dipasang dengan pemasangan lembaran logam yang dimasukkan ke dalam jendela terbuka dan menyegel di sekitar tepinya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir membuka atau menutup jendela tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kipas Angin Gantung, Pakai Sarung Bantal

Namun, jendela lain di rumah Anda harus tetap tertutup selama bagian terpanas hari itu.

Untuk memberikan udara yang sejuk, gunakan kipas angin jendela lebih dari satu sehingga dapat menciptakan angin silang dan mendorong udara panas dan menarik udara sejuk masuk.

Untuk melakukannya, lokasi untuk memasang kipas sangatlah penting. Letakkan kipas dalam jumlah yang sama di sisi berlawanan dari rumah Anda menghadap ke luar jendela untuk mendorong udara panas keluar.

Jika Anda tinggal di rumah bertingkat, tempatkan kipas angin ke dalam di lantai bawah yang lebih sejuk dan kipas angin bertiup ke luar di lantai atas. Metode ini akan membebaskan rumah Anda dari udara hangat yang naik ke lantai atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com