Jangan Langsung Mencuci Wajan Panas dengan Air Dingin, Kenapa?

Kompas.com - 11/01/2021, 09:57 WIB
Ilustrasi memasak menggunakan wok khas China. PIXABAYIlustrasi memasak menggunakan wok khas China.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah memasak, seringkali kita langsung menyiram wajan panas dengan air dingin, sebelum mencucinya dengan sabun. Namun, ternyata hal ini bukan hal yang benar.

Wajan panas membutuhkan beberapa saat sebelum dapat dicuci dengan air dan sabun cuci piring. Mengapa demikian?

Dilansir dari Taste of Home, Senin (11/1/2021), suara mendesis ketika wajan panas disiram air dingin adalah indikasi bahwa sesuatu yang buruk terjadi.

Baca juga: Simak, Cara Mengatasi Wajan Lengket dengan Bumbu Dapur Ini

Proses menempatkan wajan panas dengan air dingin ini dinamakan thermal shock. Kondisi ini bisa merusak wajan, bahkan wajan yang mahal sekalipun.

Apa itu thermal shock?

Pada dasarnya, logam mengembang saat dipanaskan. Sebagian besar panci dan wajan terbuat dari beberapa lapisan logam, seperti baja tahan karat dan aluminium, mungkin juga memiliki lapisan enamel atau antilengket.

Masing-masing bahan tersebut mengembang dan menyusut pada suhu yang berbeda, yang tidak pernah Anda sadari ketika perubahan terjadi secara bertahap. Misalnya, saat Anda menghangatkan wajan di atas kompor secara perlahan atau membiarkannya turun ke suhu kamar secara alami, lapisan logam akan mengembang.

Masalahnya muncul saat Anda tiba-tiba berubah suhu, seperti memasukkan wajan panas ke dalam air dingin. Logam mendingin terlalu cepat dan wajan benar-benar mulai menarik dirinya sendiri.

Baca juga: Wajan Gosong? Bersihkan dengan Bahan-bahan di Dapur Ini

Semakin besar perbedaan suhu, semakin besar guncangannya, tetapi sedikit air dingin di dasar wastafel dapat menyebabkan panci melengkung, pecah, retak, atau pecah.

Wajan yang melengkung adalah masalah besar karena makanan tidak akan matang secara merata. Wajan ini memungkinkan minyak untuk menggenang di satu sisi atau sisi lainnya, dan mereka pasti tidak akan menempel pada kompor induksi atau listrik.

Meskipun wajan Anda tidak melengkung, hasil akhirnya bisa lepas, dan lapisan enamel atau antilengket yang terkelupas dapat masuk ke dalam makanan Anda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X