Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda-benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Setelah Ada yang Sakit

Kompas.com - 04/01/2021, 14:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika segala macam virus, entah itu pilek, sakit perut, atau flu hingga virus lainnya seperti virus corona menyelinap ke dalam rumahmu, wajar saja jika kamu ingin meminimalkan penyebarannya.

Dan apabila ada seseorang di rumahmu ada yang sakit terkena atau terindikasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, kamu harus segera melakukan langkah pembersihan rumah.

Dilansir dari Good Housekeeping, Senin (4/1/2021), ketika seseorang di rumahmu sakit, bersihkan semua permukaan dan sekitarnya setiap hari dengan menggunakan produk pembersih disinfektan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Berbagai Jenis Permukaan Lantai

Pilih produk dengan jelas yang diberi label sebagai disinfektan yang membunuh 99,9 persen kuman dan bakteri rumah tangga.

Jangan lupa untuk membaca labelnya, hal itu akan memberi tahumu berapa lama permukaan yang keras dan tidak berpori harus tetap basah untuk membunuh kuman yang paling efektif.

Misalnya, saat membersihkan permukaan dengan pembersih disinfektan, permukaan keras yang tidak berpori harus tetap basah dengan larutan pembersih dan tidak tersentuh selama satu menit untuk membunuh virus penyebab Covid-19.

Saat proses pembersihan, gunakan sarung tangan karet sekali pakai merupakan praktik yang baik untuk melindungi tanganmu dari kuman dan bahan kimia dari produk pembersih.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Kaca Jendela yang Buram

Selain itu, sediakan banyak tisu pembersih atau kain berserat mikro, agar tidak memindahkan kuman dari permukaan ke permukaan yang lain. Siapkan juga alkohol isopropil 70 persen.

Terakhir, jangan lupakan langkah sederhana yang cenderung terlewatkan dalam kenyamanan rumahmu yakni mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik sesuai rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO).

Untuk menghentikan penyebaran virus dan kuman, berikut ini beberapa bagian permukaan di rumah yang harus dibersihkan dengan produk pembersih disinfektan.

1. Permukaan dengan sentuhan tinggi

Saat ingin membersihkan rumah setelah seseorang sakit, permukaan rumah yang sering disentuh seperti gagang pintu dan keran harus menjadi prioritas utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com