Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Gelas Kaca yang Buram, Bisa Kembali Bening

Kompas.com - 20/12/2020, 12:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelas kaca yang sering digunakan kerap kali menjadi buram atau seperti berkabut. Tentu saja ini akan menghilangkan keindahan penampilan gelas tersebut.

Meskipun Anda tahu gelas itu bersih, adanya noda seperti berkabut akan membuat gelas tampak kotor.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (20/12/2020), beberapa hal mungkin menjadi penyebabnya. Pertama, periksa air Anda.

Baca juga: Spons Cuci Piring Juga Harus Dibersihkan, Begini Caranya

Gelas yang tampak berkabut kerap kali terjadi di area dengan air sadah, yang menimbulkan endapan mineral yang menumpuk dan menempel pada gelas dan piring, dan air lunak yang menyebabkan korosi.

Satu-satunya cara jitu untuk mencegah adanya semacam kabut yang melapisi gelas adalah mencuci dengan sabun lembut, bilas hingga bersih, dan segera keringkan.

Untuk mengetahui apakah gelas berkabut karena air, rendam handuk kecil atau kain lap dengan sedikit cuka putih dan seka gelas dengan kain tersebut. Jika gelas tidak lagi keruh, maka kekeruhan tersebut disebabkan oleh air sadah.

Jika Anda menyeka kaca dengan cuka dan masih keruh, maka itu adalah goresan yang disebabkan oleh korosi air lunak dan tidak dapat diperbaiki. 

Baca juga: Rak Piring Plastik atau Aluminium, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi mencuci gelas. SHUTTERSTOCK/PRAPHAB LOUILARPPRASERT Ilustrasi mencuci gelas.

Anda dapat menghilangkan penumpukan yang disebabkan oleh ion kalsium dan magnesium dalam air sadah dengan mengusap kaca dengan aseton atau penghapus cat kuku.

Kemudian, gosok perlahan dengan deterjen lembut. Rendam gelas dalam cuka putih selama 15 menit adalah cara lain yang efektif pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com