Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2020, 11:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini kualitas udara sangat diperhatikan oleh masyarakat. Pasalnya, jika kualitas udara tidak bagus akan membuat permasalahan pada kesehatan tubuh seperti alergi, sesak napas, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Oleh sebab itu, air purifier menjadi alat elektronik yang dicari untuk membersihkan udara dalam ruangan. Lantas, bagaimana cara air purifier ini bekerja dalam menghasilkan udara bersih?

Dilansir dari Healthline, Minggu (21/11/2020), air purifier pada dasarnya bekerja membersihkan udara yang mungkin terpapar polutan, alergen, dan racun.

Baca juga: Panduan Memilih Air Purifier untuk Rumah di Tengah Pandemi

Biasanya, air purifier dilengkapi dengan filter HEPA, yakni jenis filter udara mekanis berlipat. Filter udara jenis ini secara teoritis dapat menghilangkan setidaknya 99,97 persen debu, serbuk sari, jamur bakteri, dan partikel di udara dengan ukuran 0,3 mikron.

Spesifikasi diameter 0,3 mikro ini terpacu pada ukuran partikel yang paling tajam (MPPS).

Partikel berbahaya tersebut akan dihilangkan melalui filter itu atau versi lain air purifier yang dapat menetralkan partikel lain di udara tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara memilih air purifier terbaik untuk di dalam rumah? Hendra Pawitra, Head of Product Marketing Dept Electrolux Indonesia menjelaskannya.

"Pertama harus cek luas ruangannya dimana air purifier akan diletakkan. Selain itu pastikan juga memilih model dengan nilai CADR (clean air delivery rate) tinggi," ungkap Hendra kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Air Purifier dan Dehumidifier, Mana yang Lebih Bagus Digunakan?

Selain itu, air purifier harus memiliki filter dengan efisiensi pemurnian udara yang tinggi seperti HEPA13, serta memiliki sertifikasi dari lembaga independen yang terpercaya.

Mencuci filter dapat merusak air purifier

Untuk menggunakan air purifier ini sangatlah mudah, namun ternyata ada beberapa kesalahan yang membuat air purifier cepat rusak. Apa saja?

Yakni meletakkan air purifier tidak sesuai dengan luas ruangan. Hal ini akan menyebabkan air purifier akan bekerja keras, dan mengakibatkan kerusakan pada air purifier.

Kemudian mencuci filter dengan air, sebab dianjurkan filter ini dibersihkan menggunakan vaccum cleaner, sehingga tidak mengakibatkan fungsinya menurun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com