Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2020, 15:15 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air purifier merupakan suatu alat berteknologi yang memiliki kemampuan untuk menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan.

Karena fungsinya tersebut, masyarakat banyak yang memburu air purifier. Air purifier diminati karena kualitas udara saat ini, khususnya di daerah perkotaan sudah begitu banyak polusi.

Kondisi pandemi Covid-19 pun turut memengaruhi peningkatan penjualan air purifier, karena dianggap mampu membunuh virus di udara.

Baca juga: Benarkah Air Purifier Bisa Membasmi Virus Corona?

Berikut ini kita akan membahas 8 manfaat yang didapat ketika menggunakan air purifier, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/11/2020).

1. Meredakan gejala asma

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, 1 dari 12 orang menderita asma. Orang yang hidup dengan asma mengalami peradangan pada saluran pernapasan.

Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu mengiritasi saluran pernapasan mereka, yang menyebabkan kesulitan bernapas.

Sebagian besar air purifier mengandung filter teknologi HEPA, yang dapat menghilangkan 99,7 persen dari airborne particulate matter (PM) yang bersirkulasi di lingkungan rumahmu.

Baca juga: 4 Pilihan Air Purifier, Harga di Bawah Rp 5 Juta

Teknologi HEPA tersebut dirancang untuk menangkap semua polutan yang ada di udara sehingga orang yang memasang air purifier dapat menghirup udara bersih.

Penggunaan air purifier yang efisien terus menjaga udara dalam ruanganmu bebas dari polutan, sehingga mengurangi kemungkinan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh asma.

2 . Menghilangkan bahan kimia berbahaya

Untuk membersihkan rumah biasanya orang-orang menggunakan berbagai macam cairan pembersih. Banyak pembersih rumah tangga biasanya mengandung bahan kimia beracun seperti amonia, klorin, dan ftalat.

Paparan bahan kimia ini dalam jumlah kecil mungkin tidak berbahaya tetapi paparan rutin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti tumor, kanker, kardiovaskular, atau gangguan neurologis.

Air purifier memiliki karbon aktif yang dapat membersihkan kontaminan kimiawi ini, yang mana bisa menghindari risiko beberapa masalah kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com