Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2020, 11:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendaur ulang sebuah barang yang dirasa tak lagi terpakai telah menjadi tren baru dalam dunia desain interior saat ini. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan kerusakan bumi semakin jauh.

Sebab, setiap hari masyarakat terus menghasilkan dan menumpuk banyak sampah yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap lingkungan.

Menggunakan kembali objek yang tidak lagi 'berguna' pun juga terus berkembang. Misalnya pada kegiatan sekolah, mereka mengajari para siswa untuk dapat membuat dekorasi kelas dengan benda atau perkakas apa pun.

 Baca juga: Inspirasi Dekorasi Vintage di Dalam Rumah

Daur ulang pun juga memiliki pengaruh yang besar di dalam rumah. Misalnya, menggunakan kembali botol minuman berbahan kaca dapat berkontribusi pada dekorasi, sekaligus memberikan sentuhan yang lebih pribadi dan orisinal.

Oleh karena itu, di sini kita akan berbicara tentang penggunaan kembali botol minuman kaca untuk dijadikan dekorasi di rumah.

Kaca merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat banyak wadah, termasuk untuk anggur. Minuman yang telah dibeli dan diminum, akan membuat botol berakhir sebagai wadah hijau kosong.

Namun, daripada membuang botol anggurmu, mengapa tidak memberi mereka kehidupan lain dan menawarkan tempat baru di rumah? Terdapat beberapa alasan botol anggur bekas bisa digunakan kembali untuk mendekorasi.

Baca juga: 6 Mitos dalam Dekorasi Rumah Sempit, Apa Saja?

Bahan yang digunakan kembali menghasilkan dampak yang besar bagi masyarakat. Kita harus mengajarkan orang-orang muda bahwa tidak semuanya harus selalu dibuang.

Bekerja dengan imajinasimu, barang apa pun dapat memenuhi fungsi lain. Dalam dunia dekorasi, bahan daur ulang dapat menawarkan banyak kemungkinan.

Namun, di sinilah kreativitas setiap orang memainkan peran yang sangat penting, menghasilkan sumber daya yang benar-benar inovatif dan orisinal.

Dengan melakukan ini, kamu dapat membantu lingkungan. Semakin sedikit limbah yang dihasilkan, semakin banyak manfaat yang akan kamu peroleh di tingkat lingkungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com