Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2020, 09:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu pemula dalam merawat tanaman hias? Salah satu kekecewaan yang kerap terjadi adalah tanaman hias mati, padahal sudah dirawat dengan baik.

Nah, jika demikian, pilih saja tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak mudah mati. Selain itu, tanaman hias ini pun memiliki bentuk dan warna yang cantik.

Dilansir dari Smart Garden Guide, Rabu (18/11/2020), ada beberapa karakteristik tanaman hias yang tidak mudah mati, yakni mampu hidup di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung atau bahkan redup.

Baca juga: 7 Tanaman Hias untuk Pemula

Kemudian, tanaman hias ini menyukai kelembaban dan suhu di dalam ruangan. Selain itu, tanaman hias ini juga tetap bertahan meski dibiarkan dalam beberapa waktu.

Berikut 7 tanaman hias yang tidak mudah mati.

1. Sirih gading (Pothos)

Sirih gading mungkin adalah tanaman hias yang paling mudah dirawat. Tanaman ini memiliki ciri khas berbentuk hati dengan semburat warna kuning, putih, dan hijau.

Sirih gading dapat tumbuh subur dalam cahaya tidak langsung, tetapi juga dapat tumbuh dalam cahaya yang sangat redup dan bahkan cahaya buatan seperri lampu. Tanaman ini senang di tanah pot biasa.

Ilustrasi sirih gadingshutterstock Ilustrasi sirih gading

Saat menyiram, biarkan tanah benar-benar kering sebelum menyiramnya lagi. Sirih gading akan baik-baik saja dalam suhu rumah.

Sirih gading beracun bagi kucing dan anjing, tetapi biasanya hal ini tidak menjadi masalah jika dipelihara sebagai tanaman hias gantung. Tanaman ini mudah diperbanyak dengan cara memasukkan stek ke dalam air hingga tumbuh akarnya.

2. Lidah mertua (Snake plant)

Lidah mertua akan tetap tumbuh subur meski jika dibiarkan begitu saja. Tanaman ini memiliki daun yang tinggi dan kaku berwarna hijau tua, beberapa varietas memiliki garis-garis kuning di sepanjang tepi daun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com