Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2020, 13:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Popsugar

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat pamor tanaman hias menanjak naik. Maklum, berkurangnya kegiatan di luar rumah membuat masyarakat melakoni hobi, salah satunya merawat tanaman hias.

Bagi kamu yang masih pemula dalam perawatan tanaman hias, perlu mengetahui banyak hal esensial agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik.

Merawat tanaman hias memang tampaknya susah-susah gampang, namun bisa mudah dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Lagi Populer Ini Cocok di Dalam Ruangan

Dilansir dari Popsugar, Minggu (15/11/2020), berikut 4 trik merawat tanaman hias dengan bahan-bahan alami di rumah.

1. Kopi bisa jadi pupuk

Jika kamu minum kopi setiap pagi, ampas kopinya jangan dibuang, sebab bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Kopi bersifat asam, sehingga dapat menaikkan tingkat keasaman tanah.

Selain itu, kopi juga bisa membantu mengusir hama dan serangga, seperti siput dan semut. Ampas kopi pun bisa menjadi alternatif dari pupuk yang mahal.

Baca juga: Kopi Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Simak Caranya

Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk atau penyubur tanaman.SHUTTERSTOCK/MONTHIRA Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk atau penyubur tanaman.

2. Kerikil bisa jadi drainase pot tanaman

Jika kamu telah mencoba menyiram tanaman dan tidak bisa menakar jumlah air yang tepat bagi tanaman, coba tempatkan beberapa kerikil di permukaan pot. Kerikil akan menjaga akar tetap terangkat dan jauh dari air yang menggenang di dasar wadah setelah penyiraman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com