Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mencegah Bulu Hewan Menempel pada Cucian dan Mesin Cuci

Bulu hewan peliharaan juga dapat menempel di berbagai permukaan, termasuk pada cucian dan mesin cuci. 

Michael Sweigart, pendiri FurZapper—produk penghilang bulu hewan peliharaan dalam cucian—mengatakan bulu hewan peliharaan sering kali menempel atau tersangkut pada serat pakaian.

Beberapa bulu hewan peliharaan juga memiliki ujung runcing yang membuatnya mudah meresap ke dalam kain yang dapat sulit menghilangkannya,” ucap Sweigart.

Selain itu, bulu hewan peliharaan yang menempel pada pakaian juga bisa menumpuk di mesin cuci atau pengering sehingga menyebabkan masalah serius pada peralatan. 

Kadi Dulude dari Wizard of Homes—layanan pembersihan di Amerika Serikat—menjelaskan  ketika bulu hewan peliharaan basah, bulu tersebut bisa menggumpal dan menempel di bagian dalam mesin, yang dapat berdampak pada filter air dan akhirnya menyebabkan penyumbatan pada mesin atau saluran air.

Untungnya, bulu hewan peliharaan dapat dihilangkan dari cucian dan mesin cuci dengan sederhana.

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu, (27/4/2024), berikut sejumlah cara mencegah bulu hewan peliharaan menempel pada cucian dan mesin cuci. 

Dulude mengatakan menyisir bulu hewan peliharaan menggunakan sisir khusus untuk menghilangkan bulu rontok serta menjaga mesin cuci tetap bersih. 

Jika pakaian atau alas tidur masih terdapat bulu, pastikan menyedot debu atau menggunakan lint roller sebelum mencucinya.

Membersihkan mesin cuci

Selanjutnya, cara mencegah bulu hewan peliharaan menempel pada cucian dan mesin cuci adalah membersihkan mesin cuci secara teratur. 

Dulude mengatakan perlu membersihkan mesin cuci setiap bulan. Biarkan pintu mesin terbuka agar kering dan gunakan penyedot debu untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan.

Bersihkan area di bawah bibir karet mesin secara menyeluruh dan jalankan siklus "pembersihan bak cuci" jika mesin cuci memiliki fitur tersebut.

Terakhir, Anda dapat mencampurkan 472 mililiter cuka putih, 236 mililiter baking soda, dan 708 mililiter air panas ke dalam bak mandi untuk membersihkannya secara menyeluruh sebelum menjalankan siklus mencuci. 

Membersihkan pengering pada mesin cuci

Sama dengan mesin cuci, penting juga membersihkan mesin pengering secara rutin untuk  menghilangkan bulu hewan peliharaan yang menumpuk di perangkap serat dan di dalam mesin.

Menurut Dulude, Anda dapat menggunakan celah penyedot debu untuk menghilangkan sisa bulu dari perangkap serat.

Sebaiknya, seka bagian dalam mesin pengering dengan kain pembersih setiap bulan atau ketika  melihat bulu mulai menumpuk.

Sebaiknya, bersihkan mesin pengering secara menyeluruh setiap enam sapai 12 bulan untuk menjaga kinerja mesin dan mencegah risiko kebakaran. Pastikan memeriksa instruksi pabrik sebelum membersihkan mesin pengering. 

Menutupi area tidur hewan peliharaan

Terakhir, cara mencegah bulu hewan peliharaan menempel pada cucian dan mesin cuci adalah menutupi area tidur hewan. 

Lindungi area hewan peliharaan sering tidur, seperti sofa atau tempat tidur, dengan penutup khusus untuk mengatasi masalah bulu rontok berlebih.

"Jika memiliki hewan peliharaan yang bulunya cenderung rontok banyak, pertimbangkan  menutupi area tidur favoritnya dengan selimut khusus atau sarung sofa yang dapat dilepas," ucap Dulude.

Selain itu, pastikan mencuci penutup ini setiap minggu untuk menghindari bau hewan peliharaan serta menyisir bulu hewan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/27/141700076/5-cara-mencegah-bulu-hewan-menempel-pada-cucian-dan-mesin-cuci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke