Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mengganti Bathtub dengan Shower? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu

Namun, tidak semua kamar mandi bisa menggunakan bathtub lantaran ruang yang terbatas. Ditambah, ada bebeberapa orang yang merasa tidak nyaman mandi dengan bathtub dan memilih melepasnya dari kamar mandi. 

Rupanya, hal ini sejalan dengan laporan tren kamar mandi Houzz 2023. Laporan tersebut menyebut lebih dari seperempat pemilik rumah melepas bathtub selama renovasi kamar mandi.

Saat melepas bak mandi, sebanyak 77 persen orang memilih memperbesar area shower mereka dan 20 persen dari shower baru tersebut setidaknya 50 persen lebih besar dari luar shower lama.

Namun, melepas bathtub tidak selalu merupakan pilihan tepat untuk setiap kamar mandi atau rumah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melepas bathtub. 

Presiden Asosiasi Dapur dan Kamar Mandi Nasional Cabang Negara Bagian Virginia, Stephenson, membagikan sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti bathtub dengan shower seperti diikutip dari Better Homes and Gardens, Sabtu (20/1/2024). 

Stephenson mengatakan jika memiliki anak kecil, keberadaan bathtub diperlukan untuk memandikan si kecil.

Meski tidak sama, pemilik hewan peliharaan mungkin ingin mempertimbangkan pertanyaan tentang memandikan dan merawat hewan peliharaannya juga.

Apakah menggunakan bathtub?

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti bathtub dengan shower adalah penggunaan bak.

“Saat mempertimbangkan melepas bathtub dan memprioritaskan mandi, saya selalu bertanya kepada klien apakah mereka suka duduk dan berendam di bak mandi,” kata Stephenson.

Sekalipun mereka tidak benar-benar melakukannya saat ini, apakah mereka berharap akan melakukannya pada masa mendatang? Jika ya, sebaiknya tetap menggunakan bathtub.  

Berapa banyak kamar mandi di rumah?

Stephenson mengatakan jika hanya memiliki satu kamar mandi, sebaiknya tetap menyimpan bathtub untuk nilai jual kembali rumah Anda. 

Memiliki bak mandi memungkinkan lebih banyak fleksibilitas fungsi di rumah. Anda bisa menggunakan bathtub untuk memandikan anak, merendam badan, dan relaksasi. 

Namun, ada situasi di mana nilai eceran kurang menjadi pertimbangan. “Bagi beberapa klien, ini adalah rumah selamanya, jadi nilai jual kembali tidak menjadi masalah bagi mereka,” kata Stephenson.

Rumah-rumah di lingkungan yang sangat diminati mungkin juga kurang peduli dalam menarik pembeli pada masa depan.  

Pada kamar mandi keluarga bersama, biasanya kami melakukan kombinasi bathtub/shower untuk memenuhi kebutuhan banyak pengguna dengan usia, tinggi badan, kemampuan, dan kebutuhan yang berbeda.”

Anda dapat mempertimbangkan kebutuhan yang sama untuk pemandian tamu dengan beragam pengguna. Di sisi lain, pada pemandian utama, melepas bathtub mungkin tidak terlalu menjadi masalah.

Lokasi bathtub juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti bathtub dengan shower. 

Menurut Stephenson, kemudahan memindahkan atau menambah pipa di kamar mandi utama dipengaruhi hal-hala, seperti arah balok lantai, apakah rumah tersebut merupakan unit keluarga tunggal atau townhome/kondominium dengan dinding bersama, lantai berapa. bak mandi terletak di atasnya.

Tergantung pada struktur rumah, melepas bathtub merupakan proyek yang lebih besar daripada yang ingin dilakukan oleh pemilik rumah. 

Mengapa ingin melepas bathtub?

Terakhir, hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti bathtub dengan shower adalah alasannya.

Apakah Anda tidak membutuhkan atau menginginkan bathtub atau tidak menyukai bak mandi yang ada saat ini?

“Sebagian besar klien ingin melepas bathtub mereka yang ada karena sudah tua dan ketinggalan zaman. Mereka hanya memerlukan bathtub baru dengan fitur yang diperbarui,” imbuh Stephenson.

Bath tub masa kini memiliki serangkaian fitur kesehatan dan kebugaran yang mungkin tidak disadari pemilik rumah bahwa mereka bisa mendapatkannya dengan bak mandi.

“Fitur-fitur tersebut menarik bagi klien dan mungkin mempengaruhi mereka untuk memasukkan bathtub ke dalam perombakannya, selama ada cukup ruang dan anggaran mereka memungkinkan,” ujar Stephenson.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/20/124000576/ingin-mengganti-bathtub-dengan-shower-pertimbangkan-5-hal-ini-dulu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke