Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Dapat Merusak Kebun

Hal ini tidak sulit, tetapi ada beberapa hal khusus dalam menyiram sayuran yang harus Anda ketahui untuk memaksimalkan upaya penyiraman. 

Sebagai contoh, menyiram bibit berbeda dengan menyiram tanaman sayuran yang sudah mapan. Menyiram tanaman sayur yang ditanam di dalam tanah berbeda dengan pot. 

Selain itu, menyiram tanaman sayur pada pagi hari lebih baik daripada siang hari. Memahami perbedaan-perbedaan ini akan memaksimalkan efisiensi penyiraman.

Namun, ada beberapa kesalahan menyiram tanaman sayuran yang sering dilakukan. Akibatnya, merusak kebun sayur. 

Untuk menghindarinya, disadur dari Better Homes and Gardens, Selasa (31/10/2023), berikut kesalahan menyiram tanaman sayur yang dapat merusak kebun.  

Siram persemaian dengan sedikit air setiap pagi dan periksa kembali pada malam hari. Jika kerak kering terbentuk di permukaan tanah, akan sulit bagi benih baru untuk berkecambah.

Apabila benih yang berkecambah mengering, benih bisa mati. Di sisi lain, jangan biarkan tanah menjadi terlalu basah.

Penyiraman yang berlebihan pada persemaian dapat meningkatkan penyakit, seperti damping off, jamur yang membunuh bibit muda.

Kuncinya menjaga kelembapan tanah yang merata adalah menyiram tanaman sayur sampai tanaman muda mengembangkan akar yang sehat. 

Tidak mengetahui seberapa sering menyiram kebun sayur 

Selanjutnya, kesalahan menyiram tanaman sayur adalah tidak mengetahui seberapa sering menyiram kebun sayur.

Penyiraman ringan yang sering dapat menyuburkan tanaman sayur dalam jangka pendek, tetapi juga mendorong pertumbuhan akar yang dangkal.

Hal ini menyebabkan tanaman sayur cepat mengering saat permukaan tanah mengering, yang dapat terjadi dengan cepat pada hari panas dan cerah.

Lebih baik menyiram lebih jarang, tetapi menyiram dalam-dalam dengan membiarkan air meresap ke bawah beberapa inci di dalam tanah secara perlahan. 

Cara terbaik mengetahui apakah kebun sayur membutuhkan air adalah memasukkan jari Anda ke dalam tanah beberapa inci. Jika terasa kering, siram tanaman sayur. 

Sebaliknya, apabila tanah terasa lembap, tunda satu atau dua hari lagi untuk menyiram tanaman sayur.    

Pertama, campuran tanah yang digunakan dalam wadah dan raised beds dirancang untuk mengering lebih cepat daripada tanah di tanah.

Kedua, karena tanahnya berada di atas permukaan tanah, suhu meningkat dengan cepat pada hari-hari hangat sehingga meningkatkan penguapan.

Periksa tingkat kelembapan dalam wadah dan raised beds secara teratur dengan menancapkan pengukur kelembapan atau jari beberapa inci ke dalam tanah. Jika tanahnya kering, saatnya menyiram tanaman sayur.  

Penyiraman pada siang hari yang terik 

Menyiram tanaman pasa siang hari yang terik juga menjadi salah satu kesalahan menyiram tanaman sayur. 

Waktu terbaik menyiram tanaman sayur adalah pada pagi hari saat daun-daun yang mungkin basah memiliki banyak waktu untuk mengering sebelum malam.

Penyiraman pada siang hari yang terik kurang efisien karena air menguap lebih cepat dan lebih sedikit yang mencapai daerah perakaran.

Pada malam hari, ketika suhu turun, penguapan melambat lagi. Selain itu, suhu malam yang lebih dingin juga mendukung penyebaran beberapa penyakit daun. Jika Anda harus menyiram tanaman sayur pada malam hari, hindari membasahi daun. 

Gunakan tongkat penyiraman untuk mencapai permukaan tanah atau selang rendam atau sistem irigasi tetes untuk membasahi tanah, bukan daun. 

Memercikkan tanah ke daun 

Terakhir, kesalahan menyiram tanaman sayur adalah memercikkan tanah ke daun. Tanah dapat menyimpan banyak penyakit tanaman.

Jika upaya penyiraman Anda memercikkan tanah ke daun tanaman, penyakit-penyakit tersebut dapat menyebar. Jadi, gunakan semprotan  lembut atau selang perendam.

Selain itu, lapisan mulsa setebal lima sentimeter di sekitar tanaman sayur, yang rentan terhadap beberapa penyakit daun, seperti tomat.

Hal ini dapat membantu mencegah tanah terciprat saat Anda menyiram tanaman sayur atau saat hujan turun. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/31/200700276/7-kesalahan-menyiram-tanaman-sayur-yang-dapat-merusak-kebun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke