Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengusir Cicak di Rumah, Bisa Pakai Bumbu Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Cicak biasa ditemukan di rumah. Meskipun cicak tidak secara langsung berbahaya atau beracun, mereka tetap merupakan hama dan bukan sesuatu yang harus Anda hadapi di rumah yang bersih.

Jika Anda mencoba mencari cara mengusir cicak di rumah, ada beberapa solusi yang mudah dilakukan. Anda bahkan bisa menggunakan sejumlah bumbu dapur yang mungkin sudah Anda miliki.

Dikutip dari Livspace, Selasa (17/10/2023), berikut beberapa cara mengusir cicak di rumah.

1. Gunakan air lada

Campurkan bubuk lada hitam ke dalam air dan semprotkan larutan tersebut di mana pun Anda biasanya menemukan cicak. Lada dikatakan dapat mengiritasi cicak, sehingga kemungkinan besar cicak akan menjauhi tempat tersebut.

Saus tabasco dan cabai bubuk juga bisa digunakan untuk mengusir cicak.

2. Gunakan bawang merah dan bawang putih

Menyerang indra cicak, bawang putih dan bawang merah mengeluarkan bau yang menyengat. Solusi cara mengusir cicak di rumah ini membuat cicak tidak menghuni sudut ruangan atau kembali ke sana.

Siung bawang putih mentah atau beberapa irisan bawang merah bisa diletakkan di berbagai sudut rumah. Seiring waktu, Anda akan terbiasa dengan baunya yang menyengat, tetapi baunya tetap cukup kuat untuk mengusir cicak.

3. Pastikan lemari memiliki ventilasi

Cicam tertarik pada tempat yang lembap. Lemari di bawah wastafel adalah yang paling berisiko, jadi pastikan lemari tersebut kering dan bersih.

Jika pipa bocor, pertimbangkan untuk memperbaikinya sesegera mungkin, karena pipa tersebut berfungsi sebagai sumber air bagi cicak dan berkontribusi terhadap kelembapan udara.

Membersihkan dan mengangin-anginkan lemari secara rutin adalah cara mudah untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah dan bertelur.

4. Gunakan kamper

Jika Anda tidak memiliki anak-anak atau hewan peliharaan yang berlarian, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kamper. Kamper memiliki bau menyengat yang biasa dicium manusia tetapi cicak tidak bisa mentolerirnya.

Pertimbangkan untuk meletakkan kamper di lemari, laci dapur, lemari dan rak di bawah wastafel. Pastikan saja kamper ditempatkan jauh dari sumber makanan dan air.

5. Gunakan cangkang telur

Cangkang telur bisa digunakan untuk mengusir cicak. Cicak tidak tahan dengan bau cangkang telur, jadi sebaiknya letakkan cangkang telur di sudut yang sering mereka datangi.

Lap cangkang telur hingga kering sebelum digunakan untuk mengusir cicak. Selain itu, hindari mencucinya untuk mempertahankan bau yang menyengat.

6. Buang sisa makanan

Cicak biasanya masuk ke dalam rumah untuk mencari sisa makanan. Remah-remah yang jatuh di lemari dan meja adalah cara jitu untuk menarik cicak dan membiarkannya tetap tinggal.

Oleh karena itu, pastikan sisa dan tumpahan makanan segera dibersihkan. Tetapkan rutinitas untuk membersihkan lemari secara mendalam sehingga Anda dapat menangkap sisa makanan, dan bilas tempat sampah basah secara teratur.

7. Turunkan suhu ruangan

Cicak lebih menyukai iklim hangat dan tidak dapat mengatur suhu tubuhnya. Mereka jarang ditemukan di negara-negara dingin dan sulit untuk bertahan hidup.

Sayangnya, hanya membuka jendela dan menggunakan kipas angin tidak akan berhasil. AC-lah yang akan menjadi solusi permasalahan cara mengusir cicak.

Jaga suhu ruangan setidaknya 22 derajat celcius karena suhu dingin membuat cicak tidak nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/17/080000176/7-cara-mengusir-cicak-di-rumah-bisa-pakai-bumbu-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke